Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

'Ramires yang Selamatkan Chelsea, Bukan Willian'

By Verdi Hendrawan - Senin, 28 September 2015 | 00:49 WIB
Ranires (kanan), saat mencetak gol pertama Chelsea ke gawang Newcastle. (Steve Welsh/Getty Images)

Chelsea berhasil menahan imbang Newcastle United pada pekan ketujuh Premier League, Sabtu (26/9/2015), berkat gol dari Willian Borges pada menit-menit akhir laga. Akan tetapi, penyelemat The Blues yang sebenarnya adalah Ramires Santos do Nascimento.

Bertanding di St James Park, Chelsea sempat tertinggal dua gol dari Newcastle melalui Ayoze Perez pada menit ke-42 dan tandukan Geoginio Wijnaldum (60'). Namun, Chelsea berhasil menyamakan kedudukan berkat sepakan keras Ramires pada menit ke-79 dan tendangan bebas jarak jauh Willian (86').

Meski Willian berstatus penyelamat, akan tetapi menurut hasil pengamatan dua pundit Sky Sports, Jamie Redknapp dan Thierry Henry, yang membuat Chelsea tampil lebih baik adalah Ramires. Gelandang asal Brasil itu yang berhasil mengubah gaya bermain The Blues.

Redknapp dan Henry sepakat bahwa mereka melihat permainan Chelsea berubah sejak masuknya Ramires pada menit ke-73 menggantikan Oscar. Bukan saat Willian masuk menggantikan Nemanja Matic pada menit ke-61.

"Pada 73 menit, pertandingan berubah ketika mereka memasukkan Ramires dan saya pikir itu adalah pergantian pemain yang sangat menginspirasi. Newcastle sangat mendominasi lini tengah, mereka selalu mengajak berlari, mereka mampu menekan, dan mampu menghentikan berhenti permainan mereka," kata Redknapp kepada Sky Sports.

"Kita sama sekali tidak melihat banyak hal dari Matic atau Fabregas, tetapi ketika Ramires datang ke dalam permainan, rasanya seperti 'saya akan memiliki banyak hal dan ini adalah jenis permainan yang saya sukai' karena dia tampil sangat mendominasi ketika bermain," lanjutnya.