Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Van Gaal Akui Punya Opsi Pengganti Shaw Tapi Sulit

By Suryo Wahono - Kamis, 24 September 2015 | 00:54 WIB
Wayne Rooney sudah bisa kembali, Luke Shaw harus dicarikan pengganti. (Getty Images)

Louis van Gaal sangat menyadari tantangan yang dia hadapi setelah cedera parah yang diderita Luke Shaw saat melawan PSV Eindhoven. Akan tetapi, Manajer Manchester United tersebut senang karena sudah punya opsi pengganti.

Ketiadaan Shaw artinya Van Gaal harus mengubah lagi pakem empat bek yang sejauh ini relatif solid. Untuk pertama kalinya musim ini LvG terpaksa mengubah barisan bek.

Pelatih asal Belanda tersebut telah berbicara dengan MUTV tentang perkembangan Memphis Depan dan Luke Shaw. Sebelumnya ada kemitraan yang sudah mulai terjalin antara kedua pemain dan siapapun yang akan menjadi bek kiri harus membangun lagi kemitraan dengan Memphis.

Berbicara menjelang pertandingan melawan Southampton, Van Gaal mengatakan, "Anda harus membangun lagi sebuah kombinasi dengan pemain yang ada di depannya. Sekarang Anda harus membangun sebuah kombinasi baru."

Van Gaal mengakui sulitnya memulai lagi jalinan kekompakan antarposisi, tetapi sudah ada isyarat tentang siapa yang dianggap mampu mengisi kekosongan itu.

"Itu juga sulit bagi pemain yang harus menggantikannya. Tapi kita punya Blind, Rojo, dan Ashley Young, mereka pengganti yang bagus."

Van Gaal bisa memilih Rojo karena dia bermain di posisi yang sama untuk Argentina, tetapi Daley Blind sudah pernah mengisi sisi kiri, baik musim lalu atau setelah Shaw cedera melawan PSV. Bila pemain yang dimaksud adalah Blind, kemitraan dengan Depay mungkin lebih cepat terjalin, tetapi Rojo harus bisa sehati dengan Chris Smalling di posisi duet bek tengah, terkecuali Phil Jones sudah fit. Pilihan lainnya adalah Ashley Young. Dia juga pernah dipasang sebagai bek kiri, tetapi Depay harus punya pelapis.

Yang jelas, siapa pun yang akan dipilih Van Gaal, dia harus dengan cepat beradaptasi untuk memainkan peran yang ditinggal Luke Sha. Sementara itu, Wayne Rooney dipastikan sudah bisa kembali diturunkan akhir pekan ini, entah sebagai starter, cadangan, sebagai striker atau posisi lain.