Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gagal di Jepang dan Korea, Chong Wei Siap ke Eropa

By Pipit Puspita Rini - Selasa, 22 September 2015 | 21:18 WIB
Pebulu tangkis asal Malaysia, Lee Chong Wei, mengembalikan kok saat menghadapi pemain Skotlandia, Alistair Casey, pada Jepang Terbuka di 2015 di Tokyo, 8 September 2015. (TOSHIFUMI KITAMURA/AFP)

Pebulu tangkis senior Malaysia, Lee Chong Wei, sedang mempersiapkan diri untuk melakoni dua kejuaraan superseries di Eropa yaitu Denmark Terbuka (13-18 Oktober) dan Prancis Terbuka (20-25 Oktober).

Dalam dua pekan terakhir, Lee meraih hasil buruk saat turun pada Jepang Terbuka dan Korea Terbuka. Pada kedua laga superseries tersebut, Lee harus memulai persaingan dari babak kualifikasi.

Pada Jepang Terbuka, Lee terhenti pada babak kedua setelah kalah dari pemain Tiongkok yang juga musuh bebuyutannya, Lin Dan, 17-21, 10-21, Kamis (10/9/2015).

Hanya selang beberapa hari kemudian, ayah dua anak tersebut kalah lagi. Kali ini terjadi pada babak kualifikasi Korea Terbuka, Selasa (15/9/2015). Lee takluk di tangan pemain yang secara kualitas berada jauh di bawahnya, Jeo Kwang-hee (Korea Selatan), 19-21, 19-21.

Pada Denmark Terbuka dan Prancis Terbuka, Lee akan memulai persaingan langsung di babak utama. Fakta ini memunculkan harapan bahwa Lee akan meraih hasil lebih baik.

"Dia tidak akan turun dari babak kualifikasi. Jadi, kali ini saya berharap hasilnya akan lebih baik," kata pelatih Lee, Hendrawan, yang dilansir The Star Online, Senin (21/9/2015). "Targetnya adalah meningkatkan peringkatnya agar bisa lolos ke Olimpiade tahun depan."

Lee mendapat dukungan penuh dari Asosiasi Bulu tangkis Malaysia (BAM) untuk meraih hasil bagus dalam tur Eropanya. Hendrawan dan Direktur Teknik BAM, Morten Frost, sepakat untuk membawa Chong Wei Feng ke Prancis, khusus untuk menjadi partner latihan Lee.

"Untuk Denmark Terbuka, Chong Wei akan berangkat sendiri. Namun, Chong Wei akan ditemani Wei Feng (sebagai partner latihan) di Prancis," kata Hendrawan.

Selain Lee, Malaysia juga akan mengirimkan pasangan ganda putra Goh V Shem/Tan Wee Kiong, pasangan ganda putri Vivian Hoo/Woon Khe Wei dan Amelia Alicia Anscelly/Soong Fie Cho, serta pasangan ganda campuran Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, ke Denmark.