Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jakarta Akan Kedatangan Pebasket U-16 se-Asia

By Pipit Puspita Rini - Kamis, 1 Oktober 2015 | 19:47 WIB
Para petinggi PERBASI berpose bersama Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, Selasa (29/9/2015). (ISTIMEWA)

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) mengadakan kunjungan resmi ke kantor Gubernur DKI Jakarta, Selasa (29/9/2015), untuk mendapatkan dukungan dari Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, terkait rencana Kota Jakarta menjadi tuan rumah turnamen FIBA Asia U-16 keempat, Championship for Men.

Kejuaraan resmi bola basket U-16 terbesar se-Asia ini akan diselenggarakan pada 29 Oktober-7 November 2015. Pertemuan tersebut membahas beberapa poin terkait pentingnya peran pemerintah terhadap olahraga basket dan atlet muda Indonesia.

"Ada 16 negara besar Asia yang akan mengirimkan tim terbaik ke Jakarta selama kurang lebih 10 hari dan tentu saja kami juga tengah mempersiapkan U-16 Indonesia supaya bisa membanggakan negeri ini. Dengan dukungan Pak Gubernur, kami berharap Kota Jakarta beserta masyarakat dapat memberikan dukungan, baik dari segi moral maupun lainnya," kata Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih.

"Saya menyambut baik ditunjuknya Kota Jakarta sebagai tuan rumah bagi atlet basket muda terbaik di Asia. Pada prinsipnya pemerintah adalah pelayan masyarakat, jadi kami tentunya merekomendasikan acara ini dan juga mendukung pelaksanaan turnamen," kata Basuki.

"Kita harus siap menjadi tuan rumah yang baik bagi para atlet muda Asia ini. Saya berharap dengan adanya turnamen ini, masyarakat Jakarta, baik perorangan maupun institusi, akan peduli terhadap perkembangan olahraga basket," lanjut gubernur yang biasa dipanggil Ahok tersebut.

Turnamen ini akan digelar di Arena Britama Kelapa Gading, GOR Rawamangun, dan GOR Sunter. Turnamen ini akan diikuti oleh 16 negara Asia, termasuk China, Jepang, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, Thailand, dan tuan rumah Indonesia.