Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Inggris-Swiss: Tetap Tancap Gas demi Sang Raja

By Fajar Mutaqin Ahmad - Selasa, 8 September 2015 | 15:55 WIB
Wayne Rooney, target menjadi raja gol tunggal timnas Inggris. (Ian Walton/Getty Images)

Inggris sudah dipastikan lolos ke putaran final Euro 2016 di Prancis. Namun, mereka masih punya target untuk diwujudkan saat menjamu Swiss di Wembley, Selasa (8/9).

Tiket Inggris buat melaju ke Prancis 2016 disegel berkat kemenangan 6-0 di kandang San Marino (5/9).

Meski begitu, tugas pasukan Roy Hodgson belum selesai. Raihan sempurna 21 poin dalam tujuh partai baru menjamin Inggris finis minimal di posisi kedua Grup E.

Peringkat dua teratas di masing-masing grup berhak lolos langsung ke putaran fi nal. Kondisi itu berarti Inggris masih harus mematenkan posisi puncak klasemen.

Tim Tiga Singa wajib melanjutkan konsistensi meraih angka lantaran hal itu berpengaruh pada penentuan posisi dalam undian di putaran final.

Status pemimpin klasemen bisa dipatenkan Inggris dengan hasil imbang kontra Swiss sebagai syarat minimal. Jika hal itu terjadi, Wayne Rooney cs. akan mengumpulkan 22 poin, sedangkan Swiss 16.

Dalam dua partai tersisa, Swiss masih bisa finis menyamai poin Inggris, tapi Tim Tiga Singa unggul rekor duel langsung di antara mereka.

Dalam pertemuan pertama, Inggris menang 2-0 di kandang Swiss.

Karena alasan target tersebut, Hodgson mengakui timnya tidak akan bersantai. Hasil positif atas Swiss akan membuat sang arsitek lebih leluasa melakukan eksperimen buat menyusun pemain dalam dua laga terakhir nanti.