Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Samai Rekor Idola, Hamilton Kehabisan Kata-kata

By Tulus Muliawan - Minggu, 27 September 2015 | 21:10 WIB
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, berdiri di podium usai memenangi GP Jepang, Minggu (27/9/2015). (Clive Mason/Getty Images)

Setelah gagal finis di GP Singapura, Lewis Hamilton akhirnya kembali berdiri di podium tertinggi usai memenangi GP Jepang, Minggu (27/9/2015). Ini merupakan kemenangan kedelapan Hamilton musim ini.

Selain menjadi kemenangan kedelapan, kemenangan di Sirkuit Suzuka ini juga membuat Hamilton menyamai rekor pebalap idolanya, yaitu Ayrton Senna. Kini, Hamilton dan Senna sama-sama mengoleksi 41 kemenangan sepanjang karier.

"Bagi saya, datang ke sini untuk balapan di mana saya dulu sering melihat Ayrton balapan dan menyamai kemenangannya terasa seperti... Saya tidak bisa bisa menggambarkannya. Saya masih tidak percaya saat ini," ungkap Hamilton.

"Balapan hari ini sangat luar biasa. Ini adalah sirkuit dimana selalu mengalami kesulitan setiap tahun, tetapi menjadi salah satu balapan yang sangat saya sukai. Kamu selalu ingin datang ke sini dan mendominasi trek," kata pebalap 31 tahun itu.

Hamilton dan Senna menempati posisi keempat dalam daftar pebalap dengan jumlah kemenangan terbanyak. Pebalap Jerman, Michael Schumacher, masih menjadi pebalap dengan jumlah kemenangan terbanyak, yaitu 91 kemenangan. Posisi kedua dan ketiga ditempati Alain Prost (51) dan Sebastian Vettel (42).

Hamilton kini memimpin klasemen dengan 277 poin, sedangkan rekan setimnya, Nico Rosberg, duduk di posisi kedua dengan 229 poin. Posisi ketiga diduduki Vettel, dengan 218 poin dari total 14 seri yang telah dijalani. Frmula 1 2015 masih menyisakan lima seri di Rusia, Amerika, Meksiko, Brasil, dan Abu Dhabi.