Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PBFC Kalahkan Persib, Tren Tuan Rumah Terjaga

By Anju Christian Silaban - Minggu, 20 September 2015 | 20:06 WIB
Boaz Solossa (Abdi Satria/JUARA.net)

Pusamania Borneo menang 3-2 atas Persib Bandung pada perempat final pertama Piala Presiden di Stadion Segiri, Minggu (20/9/2015). Dua dari tiga gol Pusamania dicetak oleh Boaz Solossa.

Hasil ini sekaligus melanjutkan tren positif tuan rumah sepanjang turnamen. Tiga tim lain yang menjadi tuan rumah pada perempat final pertama, yaitu Mitra Kukar, Arema Cronus, dan Persebaya United, juga meraih kemenangan.

Penonton tuan rumah sempat dikejutkan oleh gol Spasojevic pada menit kedelapan. Pemain asal Montenegro menerima umpan Zulham Zamrun sebelum melepaskan tembakan mendatar ke pojok kanan gawang.

Pusamania cuma butuh dua menit untuk menyamakan skor lewat tembakan luar kotak Arpani. Bola melaju ke tengah atas gawang, tetapi gagal dijangkau I Made Wirawan yang salah menempatkan posisi. Setelah mencetak gol pada menit-menit awal, kedua tim gagal menambahnya hingga turun minum.

Pada paruh kedua, Pusamania berbalik unggul berkat Boaz Solossa. Striker asal Papua ini mencetak gol lewat tembakan luar kotak pada menit ke-68. Empat menit berselang, dia kembali mencatatkan nama di papan skor dengan memanfaatkan umpan Arpani.

Persib tak tinggal diam. Mereka coba membalas dan menuai hasilnya sembilan menit jelang waktu normal berakhir. Berkat tendangan bebas Firman Utina, Vladimir Vujovic mencetak gol lewat tandukan. Lesakan dari Vujovic menjadi gol terakhir pada pertandingan ini.

Selanjutnya, Persib bakal menjamu Pusamania di Stadion Jalak Harupat, Sabtu (26/9/2015). Pasukan Djadjang Nurdjaman harus menang minimal dengan skor 1-0 untuk memastikan tiket ke babak semifinal.

Susunan pemain

Pusamania Borneo FC: Galih Sudaryono; Hamkah Hamzah, Rahmad Latief, Zulfin Zamrun, Diego Michels; Srdjan Lopicic, Ponaryo Astaman; Boaz Solossa, Arpani, Terns Owang; Jajang Mulyana.

Pelatih: Arcan Lurie