Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dua Negara Lolos, Nasib Belanda Terancam

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 7 September 2015 | 04:21 WIB
Asa Belanda untuk Bisa Lolos ke putaran final Euro 2016 berada di ujung tanduk (AFP)

Dua negara di Grup A, Republik Ceska dan Islandia berhasil memastikan lolos ke putaran final Euro 2016. Sementara itu, nasib semifinalis Piala Dunia 2014, Belanda, terancam gagal tampil di Prancis tahun depan.

Republik Ceska dan Islandia saat ini sama-sama sudah mengemas 19 poin. Torehan tersebut sudah tidak memungkinkan lagi dilewati empat tim di bawah mereka, yakni Turki, Belanda, Latvia, dan Kazakhstan agar bisa lolos otomatis. Namun, masih ada satu jatah untuk diperebutkan Turki dan Belanda agar bisa lolos lewat play-off.

Di Grup B, Wales berpeluang besar lolos untuk pertama kalinya ke pentas terbesar sepak bola Eropa. Mereka berada di puncak klasemen sementara dengan kemasan 18 poin.

Tiga tim lain juga masih berpeluang lolos langsung maupun lewat play-off. Ketiga tim tersebut adalah Belgia (17 poin), Israel (13), dan Bosnia-Herzegovina (11).

Di Grup H, Italia punya kans besar untuk bisa lolos usai naik ke puncak klasemen sementara dengan kemasan 18 poin di dua laga tersisa. Mereka hanya perlu memastikan lolos langsung atau lewat play-off.

Situasi itu disebabkan Norwegia dan Kroasia juga masih berpeluang mendapatkan tiket lolos langsung ke Prancis tahun depan. Sementara itu, tiga tim lainnya, yakni Bulgaria, Azerbaijan, dan Malta sudah dipastikan tersingkir dari persaingan.

Hasil kualifikasi zona EropaGrup A, B, dan H:

Grup A

Latvia 1-2 Republik Ceska

Turki 3-0 Belanda