Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menang Atas Bulgaria, Selangkah Lagi Italia Lolos

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 7 September 2015 | 03:39 WIB
Daniele De Rossi (Getty Images)

Italia hanya butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan lolos ke putaran final Euro 2016. Kepastian tersebut didapat setelah Gli Azzurri memetik kemenangan tipis 1-0 atas Bulgaria di Stadion Renzo Barbera, Palermo, Senin, (7/9) dini hari WIB.

Kemenangan yang dianggap tetap kurang meyakinkan itu mengantarkan Italia ke puncak klasemen Grup H. Skuat besutan Antonio Conte menggusur Kroasia.  Italia berhasil mengumpulkan 18 poin dengan dua pertandingan tersisa.

Di awal pertandingan Italia sebenarnya tampil cukup meyakinkan. Baru enam menit pertandingan bergulir mereka sudah berhasil membuka keunggulan 1-0.

Gol tersebut berawal ketika Antonio Candreva dijatuhkan di dalam kotak penalti. Daniele De Rossi yang tampil sebagai eksekutor mampu menuntaskan tugasnya dengan menyarangkan bola ke dalam gawang Bulgaria.

Sebagai tim tuan rumah ditambah mendapat keunggulan cepat, Italia tidak kesulitan untuk tampil lebih mendominasi. Namun, usai gol tersebut Graziano Pelle dkk. kesulitan untuk menambah keunggulan di babak pertama.

Pada menit ke-56 kedua tim sama-sama mengalami kerugian. De Rossi dan Ilijan Micanski diganjar kartu merah setelah keduanya terlibat gesekan fisik.

Sama-sama bermain dengan 10 pemain membuat pertandingan berjalan menjadi lebih alot. Tidak banyak peluang yang bisa diciptakan kedua tim. Alhasil, hingga pertandingan usai skor 1-0 untuk keunggulan Italia tidak berubah.

Susunan pemain

Italia: 1-Gianluigi Buffon, 2-Mattia De Sciglio, 3-Giorgio Chiellini, 4-Matteo Darmian, 19-Leonardo Bonucci, 6-Antonio Candreva (17-Citadin Eder 86'), 10-Marco Verratti, 16-Daniele de Rossi, 18-Marco Parolo, 14-Stephan El Shaarawy (11-Alessandro Florenzi 73'), 20-Graziano Pelle (7-Simone Zaza 71').

Bulgaria: 12-B Mitrev, 3-Aleksandar Aleksandrov, 5-Nikolay Bodurov, 6-Iordan Minev (2-Ivan Bandalovski 63'), 14-Veselin Minev, 15-Ivaylo Chochev, 17-Georgi Milanov, 21-Svetoslav Dyakov,
22-Todor Nedelev (7-Mihail Aleksandrov Ivanov 67'), 10-Ivelin Popov (8-Dimitar Rangelov 71'), 19-Ilijan Micanski.