Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Free Throw Hadi Bawa DKI Juarai Kejurnas U-16

By Jalu Wisnu Wirajati - Rabu, 26 Agustus 2015 | 09:17 WIB
DKI Jakarta, juara di nomor putra Kejurnas KU-16. (Eko Widodo/BOLA)

DKI Jakarta menjadi juara dalam Kejuaraan Nasional U-16. Pada laga final, Selasa (25/8/2015), DKI Jakarta mengalahkan Jawa Tengah. 

Ridwan Hadi Lafianto tergolong kecil untuk ukuran pebasket. Namun, dengan tinggi badan sekitar 170 cm, ia memiliki tembakan bagus. Hadi menjadi penentu kemenangan DKI atas Jateng di final Kejurnas Bola Basket U-16, Selasa (25/8) di GOR Lokasari, Jakarta Barat.

Kedudukan 47-47 saat pertandingan kuarter keempat tersisa 6 detik. Hadi mendapatkan dua tembakan bebas dengan situasi Jateng tak ada time out. Hadi sukses memasukkan 1 free throw dan Jateng mendapatkan kesempatan menyerang, namun akhirnya gagal masuk.

Kemenangan 48-47 membuat DKI menjadi juara. "Anak-anak sudah berusaha keras. Namun kami merugi karena pemain andalan kami fouled out," ucap Xaverius Wiwid, pelatih Jateng.

Kegembiraan tak bisa ditutupi oleh Jap Ricky Lesmana, pelatih DKI. "Senang sekali bisa menang dan menjadi juara," ucap Ricky emosional seusai pertandingan.

Para perebutan peringkat ketiga, Jawa Barat akhirnya menang 60-53 atas Jawa Timur. "Ini adalah penampilan terbaik kami. Kami bersyukur bisa mendapatkan perunggu," ucap Njoo Lie Wen, mantan pemain nasional yang pemilik Generasi Muda Cirebon (GMC). GMC ditunjuk Jabar mewakili ke Kejurnas.

Di putri, Jawa Timur menjadi tim terbaik dengan kemenangan atas Jawa Tengah 60-40. DKI Jakarta merebut peringkat kedua setelah mengandaskan Banten 58-35. Peringkat ketiga putri direbut Jawa Barat.