Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ballon d'Or 2015 Diumumkan 11 Januari 2016

By Aloysius Gonsaga - Rabu, 16 September 2015 | 21:08 WIB
Penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo menunjukkan trofi FIFA Ballon d'Or 2014 yang diraihnya kepada suporter, sebelum pertandingan leg kedua 16 besar Copa del Rey melawan Atletico Madrid, di Santiago Bernabeu, 15 Januari 2015. (AFP)

Awal tahun depan, publik akan mengetahui siapa yang menyabet penghargaan Pemain Terbaik Dunia atau yang beken disebut Ballon d'Or. Badan tertinggi sepak bola dunia, FIFA, memastikan pada Rabu (16/9/2015), bahwa pengumuman Ballon d'Or 2015 akan dilakukan dalam satu upacara di Zurich pada 11 Januari 2016.

Superstar Real Madrid yang juga bintang tim nasional Portugal, Cristiano Ronaldo, merupakan pemenang penghargaan paling bergengsi tersebut pada tahun lalu. Tetapi untuk edisi kali ini, tampaknya Lionel Messi menjadi favorit setelah tampil sangat impresif bersama Barcelona, termasuk membawa raksasa Liga Spanyol itu meraih treble alias tiga gelar.

Jika benar Messi menjadi pemenang (atau Ronaldo yang kembali menjadi juara), maka dua orang ini belum tergantikan selama hampir satu dekade. Pasalnya, Messi sudah empat kali menjadi pemenang dan Ronaldo tiga kali.

Pada event tersebut juga akan dipilih pemenang untuk kategori pesepak bola dunia perempuan terbaik, pelatih terbaik sepak bola pria dan wanita serta pemenang penghargaan Puskas untuk gol terbaik tahun ini.