Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Setelah 1 September, De Gea Tetap Pemain United

By Aloysius Gonsaga - Sabtu, 22 Agustus 2015 | 15:57 WIB
Kiper Manchester United, David de Gea (tengah). (AFP)

Manajer Manchester United Louis van Gaal memastikan bahwa David de Gea tidak akan meninggalkan Old Trafford hingga bursa transfer ditutup pada 1 September nanti. Itu artinya, United takkan melepas penjaga gawang internasional Spanyol tersebut, yang menjadi incaran utama raksasa Liga Spanyol, Real Madrid.

Bukan rahasia lagi bahwa De Gea turut menjadi sorotan selama bursa transfer ini. Madrid, yang sudah kehilangan kiper utama Iker Casillas, yang memilih hengkang ke FC Porto, terus berupaya mendapatkan tanda tangan mantan kiper Atletico Madrid tersebut.

Namun hingga kini, United belum membuka pintu negosiasi dengan Los Blancos. Tetapi di sisi lain, Van Gaal "menghukum" De Gea, karena tidak menurunkan pemain 24 tahun tersebut sebagai skuad inti dalam dua laga perdana Premier League. Alhasil, spekulasi bahwa De Gea akan meninggalkan Old Trafford pada musim panas ini, kian berembus kencang.

Di tengah bergulirnya rumor perpindahan itu, Van Gaal memberikan kepastian. Manajer asal Belanda ini menegaskan bahwa De Gea tak akan meninggalkan United hingga bursa transfer ditutup pada 1 September nanti - ini juga berarti United berpotensi kehilangan De Gea secara gratis pada musim depan karena kontraknya habis.

"Saya pikir ketika Manchester United menginginkan seorang pemain dia akan datang, kecuali ketika klub tak menjualnya," ujar Van Gaal seperti dikutip BBC Sport.

"Itu sama dengan kami. Kami tidak menjual De Gea."

Musim lalu, De Gea sealu menjadi pemain utama di bawah mistar gawang The Red Devils dan ikut berperan besar mengantarkan raksasa Premier League ini finis di peringkat keempat. Tetapi pada awal musim 2015-16 ini, Van Gaal memberikan kepercayaan kepada kiper baru, Sergio Romero, sebagai pemain inti dengan alasan mental De Gea membuat dia belum siap untuk bermain.