Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Anthony Martial Kini Sejajar dengan Van Persie

By Beri Bagja - Jumat, 25 September 2015 | 15:55 WIB
Anthony Martial, mencetak empat gol dalam empat penampilan perdana di Manchester United. (Matthew Peters/Man Utd via Getty Images)

 Pendukung Manchester United mungkin mengernyitkan dahi tatkala klub mereka mengeluarkan 36 juta pound guna merekrut Anthony Martial

Martial, 19 tahun, diangkut dari AS Monaco pada hari terakhir pembukaan bursa transfer musim panas lalu (1/9). Harga transfer setara 813 miliar rupiah menjadikan Martial remaja termahal sejagat. Karena kedatangannya mepet di hari terakhir, sang pemain kerap dilabeli sebagai transfer panik United.

Namun, Martial sejauh ini terbilang sukses membayar ekspektasi dan beban berat atas harga mahal. Ia melakoni start impian di skuat Setan Merah. Martial mencetak empat gol dalam empat penampilan perdana berseragam United.

Setelah menjebol gawang Liverpool (12/9) dan mengukir dwigol ke gawang Southampton (20/9), Martial menyumbang satu gol saat United menekuk Ipswich di partai Babak III Piala Liga, Rabu (23/9). Aksinya meneruskan umpan kontrol dada Memphis Depay berbuah gol penutup Setan Merah di laga tersebut. Pasukan Louis van Gaal menang 3-0 dan lolos ke tahap 16 besar.

Bagi Martial, torehan empat gol dalam empat partai perdananya berbuah catatan spesial. Di antara setumpuk penyerang Man. United beberapa tahun terakhir, cuma Robin van Persie yang menyamai torehan Martial tersebut.

Pada 2012, Van Persie juga mencetak empat gol dalam empat penampilan awal bagi United usai direkrut dari Arsenal. Dalam jumlah laga yang sama, Wayne Rooney baru punya tiga gol. Cristiano Ronaldo (2003) dan Carlos Tevez (2007) bahkan belum mencetak satu gol pun sampai penampilan keempatnya di United.

Robin van Persie, langsung start tajam di Man. United. (Matthew Peters/Man Utd via Getty Images)