Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

'Pembunuh' Barcelona Pernah Main di Senayan

By Firzie A. Idris - Jumat, 25 September 2015 | 06:20 WIB
Iago Aspas, ketika berlaga di Senayan pada Juli 2013. (Ulet Ifasasti/Getty Images)

Celta Vigo berhasil membuktikan kekhawatiran Luis Enrique. Hampir semua pemain Celta tampil gemilang ketika menundukkan FC Barcelona 4-1 pada Rabu (23/9). Termasuk Iago Aspas.

Iago Aspas. Nama ini muncul di daftar teratas sebagai pemain terbaik Celta ketika menundukkan Barcelona. Bila portal Whoscored memberinya nilai 9,5, Harian Marca di Kota Spanyol menghargai dengan angka 9.

Dua gol yang dicetak Iago Aspas memperlihatkan kerapuhan koordinasi pertahanan Barcelona, termasuk dalam menerima serangan balik lawan.

Aspas kini berusia 28 tahun. Ia kembali ke Celta setelah musim lalu menjadi pemain pinjaman di Sevilla dari Liverpool FC.

Penyerang kelahiran 1 Agustus 1987 itu memang identik dengan Celta. Aspas menjalani masa remaja bersama akademi sepak bola Celta pada kurun waktu 1995 hingga 2006.

Setelah berhasil masuk tim senior Celta (2008-2013), ia diboyong ke Inggris oleh Liverpool dengan harga yang diyakni berkisar antara 7-9 juta pound.



Hanya, Aspas gagal menemukan sinar yang ia butuhkan untuk bertahan di Liverpool FC. Di klub Inggris tersebut, Aspas cuma dipercaya bermain sebanyak 14 pertandingan Premier League 2013-14 dengan kesempatan menjadi starter sebanyak empat kali.

Dalam pertandingan melawan Chelsea, ia bahkan pernah melakukan kesalahan besar. Alih-alih melesakkan bola menuju rekannya dalam situasi sepak pojok, ia malah terkesan 'mengoper' bola ke lawan yang berujung gol. Kekalahan di laga itu otomatis menghapus peluang Liverpool menjuarai Premier League 2013-14.

Sebagai pemain baru Liverpool musim panas 2013, Aspas menjadi bagian dari tur klub tersebut ke Indonesia. Ya, di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Sabtu, 20 Juli 2013, Iago Aspas ikut bermain membela Liverpool FC menundukkan Indonesia XI dengan skor 2-0.

Namun, ia tak ikut mencetak gol. Dua pemain Liverpool yang membobol gawang tim tuan rumah adalah Philippe Countinho dan Raheem Sterling.