Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rival Rio Haryanto Puas dengan Debutnya di F1

By Pipit Puspita Rini - Selasa, 22 September 2015 | 22:20 WIB
Pebalap Manor Marussia asal Amerika Serikat, Alexander Rossi, berpose sebelum menjalani sesi latihan GP Singapura di Sirkuit Marina Bay Street, Jumat (18/9/2015). (PHILIPPE LOPEZ/AFP PHOTO)

Alexander Rossi menjalani debut balapan Formula 1 dengan turun pada GP Singapura, akhir pekan kemarin. Rossi menyelesaikan balapan dengan finis di urutan ke-14.

"Debut Formula 1 yang sudah lama saya nantikan akhirnya terwujud. Hari ini cukup spesial. Semua kerja keras selama ini akhirnya terbayarkan dan rasanya fantastis bisa membalap di jalanan Singapura pada Grand Prix pertama saya," aku Rossi.

Rossi yang turun untuk tim Manor Marussia merupakan pebalap Amerika Serikat pertama yang turun balapan F1 sejak Scott Speed melakukannya pada 2007.

Pebalap 23 tahun tersebut memulai balapan di Singapura dari posisi start paling belakang. Pada lap pertama, dia sudah bisa melewati rekan satu timnya, Will Stevens, yang start satu posisi lebih baik darinya.

"Saya tidak melakukan start terbaik, dan prosedurnya masih baru buat saya, sesuatu yang harus saya latih. Saya bisa menghadapinya dan melaju dengan baik di tikungan lima, di mana saya bisa melewati rekan satu tim saya," aku Rossi.

Masalah kembali muncul ketika pada pertengahan balapan Rossi kehilangan radio komunikasi. Ketika safety car keluar untuk kali kedua, Rossi tak bisa menerima instruksi apa pun dari timnya. Dia bertahan dan  bisa menyelesaikan balapan dengan finis di urutan ke-14.

"Di luar itu, saya rasa kami menjalani semuanya dengan baik dan saya sangat mengapresiasi semua usaha dari tim untuk membuat debut Grand Prix saya berhasil," akunya.

Rossi akan kembali memperkuat Manor pada empat dari enam seri tersisa F1 2015. Dia akan absen pada GP Rusia dan GP Abu Dhabi karena berbarengan dengan balapan GP2 Series.

Rossi saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara GP2 Series 2015 yang masih menyisakan tiga seri. Selain GP2 Rusia dan Gp2 Abu Dhabi, Rossi akan turun pada GP2 Bahrain.