Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

11 Kegagalan Transfer United di Era Woodward (1)

By Verdi Hendrawan - Kamis, 20 Agustus 2015 | 22:20 WIB
Ed Woodward (Michael Regan/Getty Images)

Kamis (20/8/2015) menjadi salah satu hari yang cukup menyakitkan bagi Manchester United. Kepastian bergabungnya Nicolas Otamendi ke Manchester City dan Pedro Rodriguez menuju Chelsea telah memperpanjang daftar kegagalan Setan Merah dalam memburu incaran utama mereka di era kepemimpinan CEO Ed Woodward sejak 2013. Berikut 11 transfer besar yang gagal direalisasikan oleh pengganti David Gill itu:

1. Leighton Baines


Bergabungnya Manajer David Moyes dari Everton sebagai pengganti Alex Ferguson pada awal musim 2013-14 diharapkan bisa menjadi magnet bagi beberapa pemain The Toffees untuk ikut bergabung, termasuk Leighton Baines. Akan tetapi bek kiri berusia 30 tahun itu memilih setia di Goodison Park.

2. Thiago Alcantara

Pada musim panas 2013, Manchester United hampir dipastikan berhasil mendapatkan tanda tangan dari Thiago Alcantara dari Barcelona yang ingin hengkang akibat gagal mendapat porsi bermain yang cukup. Tetapi transfer tersebut berhasil dibajak oleh Bayern Muenchen karena keberadaan pelatih Josep Guardiola yang memiliki hubungan baik dengan pemain berusia 24 itu.

3. Gareth Bale

Manchester United gagal memboyong bintang paling bersinar di Premier League musim 2012-13, Gareth Bale, yang lebih memilih bergabung ke Real Madrid. Dengan kekuatan finansial yang setara, Setan Merah gagal memiliki pemain sayap asal Wales itu dari Tottenham Hotspur karena ingin berkembang dengan bermain bersama bintang sekaliber Cristiano Ronaldo.

4. Blaise Matuidi

Pada musim panas 2013, asisten manajer Phil Neville mengungkapkan bahwa David Moyes sangat menginginkan gelandang Blaise Matuidi memperkuat United. Akan tetapi manajemen klub dan Moyes tidak mampu membujuk pemain berusia 28 tahun itu bergabung dan menolak tawaran kontrak baru dari Paris Saint-Germain.

5. Francesc Fabregas

Setelah gagal memboyong Thiago pada musim panas 2013, United kembali gagal memboyong gelandang kreatif Barcelona lainnya pada 2014 yaitu Francesc Fabregas. Setelah kepastian transfernya semakin mendekati kepastian, Chelsea berhasil membajak kepindahan tersebut dengan transfer sebesar 27 juta poundsterling (Rp588 miliar).

Selanjutnya ---->