Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dulu Pahlawan, Kini Xavi Cuma Bisa Jadi Penonton

By Ade Jayadireja - Kamis, 20 Agustus 2015 | 11:00 WIB
Xavi (Getty Images)

Dulu Xavi turun langsung ke lapangan membela Barcelona. Pria inilah yang menghasilkan banyak gelar buat Barca. Namun, sekarang situasi sudah berubah.

Xavi hanya bisa menyaksikan lewat layar kaca ketika Barca ditahan imbang 1-1 oleh Athletic Bilbao dalam leg kedua Piala Super Spanyol, Selasa (18/8/2015) dini hari WIB. Ia berada di Qatar saat mantan timnya bertanding.

Dalam video yang diunggah di laman Marca, Xavi begitu antusias menyaksikan laga Barcelona versus Bilbao. Pemain didikan La Masia itu pun begitu bahagia menyambut gol pertama El Barca yang dicetak Lionel Messi.

Xavi masuk tim utama Barcelona sejak 1997 setelah tujuh tahun menimba ilmu di La Masia. Ia tampil 767 kali dan mencetak 85 gol dalam balutan seragam Barca.

Di liga domestik, Xavi mempersembahkan delapan trofi La Liga dan dan tiga kali juara Coa del Rey. Ia juga memiliki empat medali juara Liga Champions.

Kisah Xavi bersama Barcelona selama 18 tahun akhirnya menemui titik ujung pada musim panas 2015. Ia memutuskan pergi ke Qatar untuk berkarier bersama Al-Sadd.