Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mendes, Sang Agen Super, Sibuk di Manchester

By Firzie A. Idris - Rabu, 19 Agustus 2015 | 21:07 WIB
Jorge Mendes (BBC)

Baru menikah pada akhir Juli, Jorge Mendes (49) terpaksa harus tinggal berjauhan dengan sang istri, Sandra, demi bekerja.

Bursa transfer pemain tentu saja menjadi lahan Mendes mendulang uang mengingat pekerjaannya adalah sebagai agen pesepak bola.

Pria asal Portugal itu sedang berada di Kota Manchester sejak Senin (17/8). Ada dua pekerjaan besar yang harus dituntaskan Mendes. Pertama, menuntaskan kepindahan bek Nicolas Otamendi dari Valencia ke Manchester United.

Otamendi, yang direkrut Valencia dari Porto pada 2014, sesungguhnya masih terikat kontrak sampai 2019. Bek tengah berumur 27 tahun itu juga punya klausul pelepasan sebesar 35 juta pound (hampir 760 miliar rupiah). Namun, hal ini tampaknya bukan kendala lagi.

Menurut Sky Sports, Valencia bersedia melepas Otamendi ke City dengan nilai transfer "hanya" 31,7 juta pound (688,2 miliar rupiah).

Otamendi, yang juga tengah berada di Manchester untuk menuntaskan kepindahannya, diyakini setuju dengan tawaran kontrak The Citizens berdurasi lima tahun.

Misi lain Mendes di Kota Manchester adalah menyelesaikan saga transfer kiper Manchester United, David De Gea.

Sudah sekitar dua bulan nasib kiper berumur 24 tahun itu terombang-ambing. Menginginkan hijrah ke Real Madrid, De Gea tak kunjung mendapat restu dari United dan Manajer Louis van Gaal.

Menurut jurnalis Sky Sports dari Spanyol, Guillem Balague, Mendes telah menasehati De Gea agar tidak cemas akan transfernya ke Madrid.

Mendes juga mengatakan agar De Gea bersabar terkait proses transfer yang berlarut-larut, harus memahami alasan mengapa United enggan melepaskan pemain terbaiknya dua musim terakhir.