Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tommy Terhadang Lin Dan di Semifinal

By Pipit Puspita Rini - Sabtu, 12 September 2015 | 16:08 WIB
Pemain tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, mengembalikan kok pemain Tiongkok, Lin Dan, pada babak semifinal Jepang Terbuka di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Satbu (12/9/2015). (AFP PHOTO/TORU YAMANAKA)

Pemain tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, kalah 17-21, 17-21 dari Lin Dan pada babak semifinal Jepang Terbuka yang berlangsung di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Sabtu (12/9/2015).

Hasil ini memastikan Indonesia tak memiliki wakil di final. Sebelumnya, wakil Indonesia di nomor ganda putra, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, kalah di tangan sang juara bertahan, Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong (Korea Selatan).

Tommy memberi perlawanan ketat pada gim pertama. Kedua pemain saling kejar poin hingga posisi imbang 14-14. Setelah itu, Lin Dan mulai meninggalkan Tommy dan memenangi gim pertama.

Lin Dan mengawali gim kedua dengan baik. Pemilik lima gelar juara dunia tersebut tertahan Tommy hingga 2-2, lalu selebihnya selalu unggul dan akhirnya menang.

"Lin Dan lebih siap dengan strategi dan pola permainannya. Secara stamina kami sama, tetapi dia lebih siap. Dia juga lebih tahu pola permainan saya. Kalau saya menyerang ke mana, dia siap mengantisipasi," aku Tommy, usai pertandingan.

Lin Dan akan bertemu Viktor Axelsen pada laga final. Pemain Denmark tersebut lolos ke partai puncak setelah menundukkan Chou Tien Chen (Taiwan) 21-19, 21-13.

Ikuti perkembangan berita ini dalam liputan khusus:

Jepang Terbuka 2015