Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

10 Transfer Termahal EPL Sepanjang Masa (2)

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 31 Agustus 2015 | 09:04 WIB
Kevin De Bruyne (Manchester City)

Bursa transfer musim panas Inggris akan segera berakhir pada 1 September. Pada 2015 terjadi dua transfer besar yang masuk dalam jajaran lima besar transfer pemain termahal Premier League sepanjang sejarah, yakni pindahnya Raheem Sterling dari Liverpool ke Manchester City dan Kevin De Bruyne dari Wolfsburg juga ke City.

Berikut 10 transfer termahal Premier League urutan ke-5 hingga ke-1:

5. Mesut Oezil


Kucuran dana besar membuat Arsene Wenger memungkinkan mendatangkan Mesut Oezil dari Real Madrid dengan biaya 42,5 juta pound atau lebih dari 915,4 miliar rupiah. Banderol tersebut membuatnya sebagai pesepak bola termahal sepanjang masa asal Jerman.

Dua musim dan dua gelar Piala FA menjadikan Oezil sebagai pemain kunci bagi Arsenal. Akan tetapi, ia juga kerap mendapatkan kritikan lantaran gagal menampilkan performa apik konsisten di partai-partai besar.

4. Raheem Sterling


Rumor kepindahan Raheem Sterling dari Liverpool ke Manchester City selalu menjadi pemberitaan utama sepanjang musim panas 2015 dan akhirnya benar-benar terjadi. Sterling berlabuh di Etihad Stadium dengan banderol sebesar 49 juta pound atau lebih dari 1 triliun rupiah.

3. Fernando Torres


Chelsea memberikan hentakan besar di bursa transfer Januari 2011 ketika berhasil merekrut Fernando Torres dari Liverpool. Torres dianggap sebagai striker yang memberikan garansi kesuksesan dengan sumbangan gol-golnya.

Chelsea harus merogoh kocek hingga 50 juta pound atau hampir 1,1 triliun rupiah demi mendapatkan jasa El Nino. Nyatanya ia justru menjadi pembelian sia-sia bagi The Blues. Setelah mencetak 65 gol di Premier League selama tiga musim setengah untuk Liverpool, Torres hanya sanggup mencetak 20 gol selama tiga setengah musim kariernya di Stamford Bridge.

2. Kevin De Bruyne


Kevin De Bruyne menjadi pemain dengan biaya transfer terbesar pada bursa transfer musim panas 2015. Manchester City rela menggelontorkan dana sebesar 58 juta pound 1,250 triliun rupiah untuk mendatangkannya dari Wolfsburg.

Pemain yang berstatus sebagai pemain paling banyak dalam mencetak assist dibandingkan pemain-pemain lain di lima liga terbesar Eropa sudah membuat Man City kepincut untuk meminangnya. Kini, ia menjadi pemain termahal kedua sepanjang sejarah di Inggris.

1. Angel Di Maria


Meski hanya bertahan satu musim, namun Angel Di Maria sudah mencatatkan namanya sebagai pemain termahal yang pernah didatangkan klub Premier League dengan memecahkan rekor transfer Inggris sepanjang sejarah. Kepindahannya dari Real Madrid ke Manchester United memakan biaya sebesar 59,7 juta pound atau lebih dari 1,290 triliun rupiah.

Banderol fantastis ternyata tidak menjadi jaminan Di Maria bisa bersinar di Premier League. Ketidaknyamanan dan rasa frustrasi akhirnya membuat Man United kembali menjual Di Maria dengan banderol sebesar 44,3 juta pound ke Paris Saint-Germain pada musim panas ini.

<<< Sebelumnya