Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Prancis-Serbia: Adu Kualitas Pogba-Valbuena

By Firzie A. Idris - Senin, 7 September 2015 | 15:04 WIB
Mathieu Valbuena dan Paul Pogba saling berlomba untuk menjadi faktor pembeda bagi Prancis. (Carlos Rodrigues/Getty Images, Franck Fife/AFP)

Akhir pekan kemarin, Prancis sukses menjaga superioritas mereka atas Portugal.

Prancis mencuri kemenangan 1-0 dari tuan rumah Portugal, Jumat (4/9).

Dalam 10 partai terakhir melawan Portugal, Les Bleus (Si Biru) selalu mampu meraup kemenangan. Skor 1-0 bukan hanya menjadi hasil akhir pertemuan terbaru Prancis versus Portugal.

Kedudukan itu juga dipakai media Prancis, L’Equipe, untuk menggambarkan performa Mathieu Valbuena dan Paul Pogba. “Valbuena 1, Pogba 0.” demikian judul salah satu artikel yang dimuat L’Equipe.

L’Equipe menilai bahwa eksperimen pelatih Prancis Didier Deschamps di partai kontra Portugal gagal. Waktu itu, Deschamps mendaulat Pogba sebagai penyerang lubang dalam skema 4-3-1-2. Percobaan tak berjalan lancar.

Pogba dianggap berdiri terlalu jauh dengan dua penyerang (Karim Benzema dan Nabil Fekir) dan sering salah posisi. Ia bahkan kerap terlalu mundur sehingga mengakibatkan bentrok posisi dengan Yohan Cabaye.

“Pelatih mencoba saya. Eksperimen tak berjalan dengan baik, tapi setidaknya tim menang. Kami kesulitan menemukan para penyerang,” kata Pogba di Telefoot.

Konon, alasan utama Deschamps menjajal format 4-3-1-2 adalah untuk memaksimalkan potensi Nabil Fekir yang ditempatkan sebagai pendamping Benzema.

Namun, jasa Fekir tak lagi bisa dipakai Deschamps dalam kurun enam bulan ke depan. Fekir mengalami cedera lutut di bentrokan melawan Portugal.