Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ramos Kritik Sikap Pique

By Firzie A. Idris - Rabu, 9 September 2015 | 15:28 WIB
Pemain belakang tim nasional Spanyol, Sergio Ramos. (David Ramos/Getty Images)

Pemain belakang tim nasional Spanyol, Sergio Ramos, mengkritik sikap rekannya, Gerard Pique, terkait rivalitas Barcelona dan Real Madrid. Dikatakan Ramos, aksi kontroversial Pique turut memicu antipati dari suporter tim nasional.

Relasi antara Pique dan suporter La Furia Roja tengah memanas. Dalam tiga pertandingan terakhir Spanyol, Pique selalu menjadi objek cemoohan suporter.

Pique mendapat perlakuan tersebut setelah melontarkan dukungan kepada kemerdekaan Catalonia. Salah satu caranya, dia berpihak kepada suporter Barcelona dan Athletic Bilbao, yang mencibir lagu kebangsaan Spanyol pada partai Piala Super Spanyol, 30 Mei 2015.

"Kita semua bisa melakukan kesalahan. Setiap orang harus bertanggung jawab terhadap kesalahannya. Mungkin karena rivalitas antara Barcelona dan Real Madrid, aksi Pique belakangan ini tak membantu," kata Ramos.

"Terlepas dari setuju atau tidak terhadap tindakannya, Anda harus memikirkan tim nasional dan tidak menciptakan kontroversi yang bisa merusak tim," lanjut Ramos.

Penuturan Ramos bertolak belakang dengan pelatih tim nasional Spanyol, Vicente del Bosque. Setiap mendapat pertanyaan seputar perseteruan Pique dan suporter, sang pelatih selalu mendukung pemainnya.