Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rafinha dan Sergi Roberto, Pemain Kejutan Enrique

By Suryo Wahono - Selasa, 15 September 2015 | 04:02 WIB
Rafinha Alcantara dan Sergi Roberto, dua pendatang kejutan Luis Enrique musim panas ini. (Getty Images)

Rafinha Alcantara dan Sergi Roberto direkrut dari akademi La Masia dan kini status magang mereka tampaknya sudah selesai. Keduanya kini menjadi anggota penuh skuat senior Barcelona.

Pemain Brasil dan Catalan tersebut telah melangkah maju musim ini dan mengambil keuntungan dari semua peluang yang diberikan oleh Luis Enrique. Mereka berdua adalah pemula ketika bermain di Vicente Calderon, tetapi bisa menunjukkan mengapa mereka layak menjadi pelanggan tetap skuat inti. Mereka adalah pemain-pemain kejutan Enrique musim panas ini.

Rafinha dicanangkan sebagai pemain depan dan di lini tengah, tergantung kebutuhan pelatih. Kepergian Pedro menjadikan Rafinha pilihan utama untuk menggantikan Neymar, Messi, sekaligus Luis Suarez. Untuk posisi gelandang, dia juga menjadi alternatif untuk menggantikan Iniesta atau Rakitic, seperti yang telah ditunjukkan dalam beberapa pertandingan la liga.

Pemain berumur 22 tahun itu telah empat kali ikut bertanding, termasuk antara lain melawan Sevilla di final Piala Super Eropa, di mana dia mencetak gol ketika Neymar absen. Dia juga menjadi starter di Piala Super Spanyol leg pertama melawan Athletic Bilbao, tetapi kali itu di pusat lini tengah.

Luis Enrique memilih dia lagi di pertandingan pertama musim ini, yang juga melawan Bilbao karena Neymar masih belum bisa diturunkan. Dia juga menggantikan Messi ketika melawan Atletico Madrid akhir pekan lalu. Sejauh ini Rafinha cuma absen pada dua laga.

Dia tidak ikut pada leg kedua Piala Super Spanyol dan ketika melawan Malaga, dia masuk sebagai pengganti Rakitic, 27 menit sebelum pertandingan usai.

Sementara itu, Sergi Roberto awalnya masuk skuat inti sebagai alternatif Dani Alves. Luis Enrique menilai bahwa Sergi punya kemampuan untuk bermain sebagai bek kanan sementara Dani Alves cedera. Momen itu yang membuka pintu baginya ke pentas tim senior.

Meski masih kurang berpengalaman sebagai bek, Sergi sudah punya pengalaman di partai-partai kompetiti, tepatnya selama 252 menit dalam kompetisi resmi.

Berikut ini cuplikan pertandingan Atletico Madrid vs Barcelona (1-2) akhir pekan lalu: