Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio: Hasil Belum Sesuai Harapan...

By Tulus Muliawan - Minggu, 6 September 2015 | 11:30 WIB
Pebalap Campos Racing, Rio Haryanto, menempati posisi finis ke-13 pada sesi balapan pertama GP2 Series Italia, Sabtu (5/9/2015). (GP2 Series Media)

Ambisi Rio Haryanto untuk meraih podium GP2 Italia belum terwujud. Pada balapan pertama (feature race), Rio finis di posisi ke-13, Sabtu (5/9/2015). Rio masih berpeluang mewujudkan ambisinya pada balapan kedua (sprint race), Minggu (6/9/2015).

Rio sadar betul pertarungan pada balapan pertama sangat ketat. Meski telah berjuang untuk melesat ke baris terdepan, pebalap Campos Racing berusia 22 tahun itu tetap kesulitan.

"Start berlangsung cukup baik hingga saya terlibat insiden di tikungan keempat yang membuat saya harus melebar. Ketika saya kembali ke trek, saya sebenarnya kehilangan beberapa posisi (tanpa mengambil keuntungan) tetapi race steward menilai saya tetap harus mendapat penalti," kata Rio.

"Setelah pit stop, saya pun tertahan selama beberapa lap di belakang Raffaele Marciello dan kehilangan banyak waktu. Hasil yang dicapai hari ini belum sesuai dengan harapan. Besok saya akan kembali berjuang semaksimal mungkin," lanjut Rio, yang kini masih menempati posisi ketiga di klasemen.

Balapan sepanjang 30 lap ini akhirnya dimenangi oleh Alexander Rossi (Racing Engineering). Posisi kedua dan ketiga masing-masing diduduki Stoffel Vandoorne (ART) dan Mitch Evans (Russian Times).

Rio akan melanjutkan perjuangan di Italia ke sesi sprint race, Minggu (6/9/2015). Balapan kedua ini akan berlangsung selama 21 lap tanpa pit stop. Balapan akan dimulai pada pukul 15:35 WIB.