Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kunci Keberhasilan Arema Taklukkan Sriwijaya

By Tulus Muliawan - Minggu, 6 September 2015 | 10:48 WIB
Cristian Gonzales saat membawa bola pada laga Arema kontra Sriwijaya FC di Stadion Kanjuruhan pada Sabtu (5/9/2015). (Suci Rahayu/BOLA/JUARA.net)

Bermain di hadapan Aremania yang memenuhi Stadion Kanjuruhan, Arema berhasil menang 3-1 atas Sriwijaya FC (SFC) dalam lanjutan Babak Penyisihan Piala Presiden 2015, Sabtu (5/9/2015). Hasil ini membawa Singo Edan memimpin Grup B dengan perolehan 4 poin dan berpeluang besar lolos ke babak perempatfinal.

Penulis: Pramuaji

Ikuti Liputan Khusus Piala Presiden 2015 di sini

Di laga terakhir grup, Arema hanya akan bertemu PSGC, sedangkan SFC harus melakoni partai “hidup-mati” menghadapi Persela.
Dari data statistik, secara umum, permainan Arema dan SFC sebetulnya relatif seimbang.

Penguasaan bola kedua tim hanya berselisih 1%, di mana Arema unggul 51% berbanding 49%. Akurasi operan kedua tim pun sama-sama berada di kisaran 80%. Lalu, apa resep jitu Arema menjinakkan Laskar Wong Kito? Berikut ulasannya.

Konsistensi Alur Serangan
Coach Arema, Joko Susilo kembali memainkan pola 4-3-3 dengan menempatkan duo Arif (Samsul dan Suyono) di sisi sayap untuk menopang Cristian Gonzales di tengah. Tiga pemain di pos gelandang diisi oleh Ahmad Bustomi dengan peran box-to-box, Juan Revi sebagai holding midfielder, dan Lancine Kone yang menjadi gelandang serang.

Dengan formasi demikian, tidak heran jika Arema cenderung melancarkan serangan dari sisi sayap.

Dukungan aktif dari Hasim Kipuw dan Johan Alfarizie yang bermain sebagai bek sayap membuat agresifitas Arema dari sayap semakin menjadi. Dari data yang dihimpun, praktis tidak ada serangan Arema yang dibangun dari tengah lapangan. Dua dari tiga gol Arema berawal dari situasi set-piece di sisi kanan penyerangan mereka. Satu gol lagi (gol kedua Kone) bermula dari serangan yang dilancarkan dari sisi kiri.