Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gol Debut Martial Warnai Kemenangan Man United

By Arief Kurniawan - Minggu, 13 September 2015 | 01:27 WIB
Anthony Martial (merah) mencetak salah satu gol Manchester United ke gawang Liverpool pada lanjutan Premier League di Stadion Old Trafford, Sabtu (12/9/2015). (Shaun Botterill/Getty Images)

Manchester United mengalahkan Liverpool dengan skor 3-1 pada lanjutan Premier League di Stadion Old Trafford, Sabtu (12/9/2015). Striker anyar The Red Devils, Anthony Martial, mencetak salah satu gol dalam pertandingan ini.

Pertandingan berlangsung seimbang menilik penguasaan bola dan peluang. Berdasarkan catatan Premier League, Manchester United menguasai 56 persen permainan dan melakukan dua tembakan ke arah gawang dari lima kali percobaan. Sementara itu, Liverpool melepaskan tiga tembakan tepat sasaran dari enam kali usaha.

Untuk diketahui, seluruh tembakan tepat sasaran baru terjadi pada paruh kedua. Baik Manchester United maupun Liverpool gagal melakukan hal tersebut pada paruh pertama sehingga skor kacamata terpampang saat jeda.

Baru pada menit ke-49, tuan rumah memecahkan kebuntuan. Berawal dari eksekusi tendangan bebas Juan Mata, Daley Blind menembak bola ke pojok kiri atas gawang Simon Mignolet.

Meski unggul satu gol, Manchester United tak menurunkan intensitas serangan. Pada menit ke-69, Ander Herrera dilanggar Joe Gomez di kotak terlarang. Herrera maju sebagai eksekutor dan melepaskan tembakan keras ke atas tangan Mignolet. Skor berubah jadi 2-0.

Liverpool tak lantas menyerah. Empat belas menit berselang, armada Brendan Rodgers mereduksi jarak lewat gol indah Christian Benteke. Blind mengantisipasi bola udara dengan tak sempurna sehingga disambar Benteke dengan tembakan setengah salto.

Alih-alih menyamakan kedudukan, tim tamu justru lengah. Dua pemain belakang Liverpool tak mampu menghentikan penetrasi dari Anthony Martial di sisi kanan pertahanan. Nama terakhir akhirnya mengarahkan bola ke pojok kiri bawah gawang. Skor 3-1 sekaligus menutup pertandingan ini.

Dengan kemenangan ini, Manchester United naik ke posisi dua klasemen sementara dengan koleksi sepuluh poin dari lima pertandingan. Arsenal meraih poin serupa, tetapi kalah selisih gol. Adapun, Manchester City bertengger di puncak dengan 15 angka.

Susunan pemain

Manchester United: 1-David De Gea; 12-Chris Smalling, 17-Daley Blind, 23-Luke Shaw, 36-Matteo Darmian; 7-Memphis Depay, 8-Juan Mata, 16-Michael Carrick, 21-Ander Herrera, 31-Bastian Schweinsteiger; 27 -Marouane Fellaini