Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hina Pique, Guti Kecewa kepada Fans Spanyol

By Jalu Wisnu Wirajati - Selasa, 8 September 2015 | 05:32 WIB
Gerard Pique (kanan) (Juan Manuel Serrano Arce/Getty Images)

Mantan gelandang Real Madrid, Jose Maria Gutierrez Hernandez atau Guti mengecam sikap fan Spanyol di pertandingan Spanyol menghadapi Slovakia, Minggu (6/9/2015) dini hari WIB. Pasalnya pada laga yang digelar di Estadio Nuevo Carlos Tartiere, Oviedo itu, para pendukung La Roja memberikan hinaan langsung kepada Gerard Pique.

Pada pertandingan tersebut, Spanyol meraih kemenangan 2-0 berkat gol dari Jordi Alba dan Andres Iniesta. Kemenangan tersebut juga membuat La Roja berhasil merebut puncak memimpin klasemen Grup C dari Slovakia berkat keunggulan produktivitas gol.

Akan tetapi pertandingan tersebut seakan menjadi neraka bagi Gerard Pique. Pemain berusia 28 tahun yang tampil penuh pada pertandingan tersebut selalu mendapatkan hinaan dari fan setiap kali menguasai bola.

Bagi Guti, kondisi tersebut adalah hal yang sangat menyedihkan bagi seorang pemain. Terlebih hal tersebut terjadi saat sang pemain berjuang di atas lapangan saat membela negara di hadapan pendukungnya sendiri.

"Tidak pernah bagus ketika seorang pemain mendapat hinaan, terutama ketika sedang mewakili negaranya," kata Guti seperti dikutip dari Marca.

"Setiap pemain bisa menerima kritik saat tidak berada di lapangan Akan tetapi, menghina mereka di sepanjang pertandingan itu tidak baik atas segala hal meski sama sekali tidak terkait dengan sepak bola," lanjutnya.

"Saya berada di pihak para pemain yang mengatakan 'tidak' untuk hinaan dan saya berharap fan Spanyol tidak menghina Pique lagi," ungkap Guti.