Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gomis Tak Peduli Rekor, Hanya Demi Poin Swansea

By Suryo Wahono - Jumat, 11 September 2015 | 00:28 WIB
Bafetimbi Gomis, berpeluang menjadi pemain Swansea pertama yang mencetak liga gol secara beruntun dalam lima pertandingan awal. (Getty Images)

Bafetimbi Gomis pada pekan kelima ini akan menjadi pemain pertama dari Swansea City dan kelima dalam sejarah Premier League yang bisa mencetak gol dalam lima pertandingan awal musim. Jika Gomis bisa menusuk pertahanan Watford, rekor itu tercipta.

Striker asal Prancis tersebut sudah mencatat sejarah pada pekan keempat. Dia menjadi pemain Swansea kedua sejak Harry Deacon pada 1923 yang mampu mencetak gol pada empat pertandingan pertama liga, yaitu ketika meraih kemenangan melawan Manchester United pada 30 Agustus lalu.

Deacon mencapai prestasi itu ketika The Swans berada di Divisi Ketiga dan mengakhiri musim sebagai pencetak gol terbanyak liga dengan 18 gol. Sejauh ini hanya Micky Quinn, Ian Marshall, Wayne Rooney, dan Jose Antonio Reyes yang telah berhasil mencapainya di Premier League.

Padahal, Gomis bergabung dengan Swansea dengan status bebas transfer dari Lyon pada 2014. Dia membuka telah lembaran dan semangat baru ketika bertarung ke Premier League, mencetak dua kali dalam 19 penampilan pertama karena dipaksa bermain sebagai pelapis Wilfried Bony (sekarang di Manchester City).

Setelah Bony dilepas pada jendela transfer Januari, Gomis mulai menemukan tempat yang lebih layak. Hal itu dia manfaatkan dengan mencetak delapan gol dalam 17 pertandingan berikutnya, termasuk lima gol dalam enam pertandingan ketika mengakhiri musim lalu.

Akan tetapi, striker berumur 30 tahun itu tidak terlalu peduli dengan rekor. Dia hanya ingin membantu Swansea mengumpulkan tiga poin melawan Watford pada Sabtu (11/9/2015) malam nanti.

"Adalah bagus untuk menyamai dan memecahkan rekor, tetapi hal yang paling penting untuk Swansea adalah mendapatkan tiga poin setiap akhir pekan," katanya kepada situs resmi klub.