Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Perburuan Rekor Akan Membuat Rooney Terbebani

By Aloysius Gonsaga - Senin, 7 September 2015 | 22:01 WIB
Wayne Rooney, tak mudah menjadi pencetak gol terbanyak. (Getty Image)

Mantan bomber dan kapten timnas Inggris, Alan Shearer, menyatakan tak mudah buat Wayne Rooney untuk memburu rekor pencetak gol terbanyak timnas Inggris. Keinginan untuk membuat rekor baru itu justru akan menjadi beban buat penyerang tim Tiga Singa itu.

Shearer telah memiliki rekor 260 gol selama 14 musim bermain di Premier League bersama Southampton, Blackburn, dan Newcastle, sehingga ia sudah merasakan bagaimana tekanan yang dipikulnya ketika memburu rekor tersebut. Rooney saat ini baru membukukan 185 gol di Premeir League.

"Semakin banyak orang yang membicarakan pemecahan rekor tersebut, semakin sulit untuk memecahkannya. Saya yakin Wayne pasti akan sangat bahagia setelah memecahkannya. Saya pernah merasakannya ketika memburu rekor gol terbanyak di Newcastle," ungkap Shearer.

Rekor tersebut pasti bisa dipecahkan, hanya saja kapan waktunya memang tak bisa dipastikan. Mendengar pendapat orang mengenai bagaimana baiknya untuk mencatat prestasi tersebut juga hal yang sangat penting.

"Kelak rekor itu akan menjadi milik kita dan setelah itu kita bisa terus berkonsentrasi kepada meraih kemenangan buat tim," tutur pria berusia 45 tahun itu.

Rooney akan berusia 30 tahun bulan depan, dan faktor usia juga akan menjadi pertimbangan setiap pemain karena berhubungan dengan puncak penampilan dan menjadi pertanyaan berapa lama lagi ia akan bisa bertahan. Namun menurut Shearer, tak berarti Rooney akan kehilangan ketajaman setelah berusia 30 tahun dan mereka yang punya pemikiran Rooney akan menurun keliru.

Shearer juga menyatakan Harry Kane bisa menjadi penerus jejak Rooney di timnas karena memiliki potensi yang sangat besar.