Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

RETRO: Belum Ada Lawan di Piala Kemerdekaan

By Caesar Sardi - Jumat, 11 September 2015 | 15:00 WIB
Ilustrasi. (Dok. BOLA)

53 RI itu belum ada titik terang.

Ketua BTN, Rahim Soekasah, belum berani menjanjikan dengan pasti calon lawan yang diundang pada Agustus nanti. “Berapa tim atau negara mana yang akan digelar kami belum tahu pasti. Kabarnya masih digodok Bisni (Bidang Bisnis dan Industri), tetapi saya berharap ada dua tim versi senior dan junior,” terang Rahim.

Rahim berharap selain tiga atau dua tim senior level atas diundang, ia juga meminta dua atau tiga tim level junior antara umur 21 hingga 23 tahun. Kalau bisa, Rahim ingin menggabungkan tim-tim senior dalam satu grup kemudian grup lainnya diisi tim junior. “Ini dibuat agar timnas U-21 kita juga bisa tampil dan berkompetisi di turnamen itu,” ungkap Rahim.

Hal ini menurutnya lebih bergengsi daripada hanya mengundang tim senior dari negara yang kurang kuat seperti yang selama ini sering dilakukan. “Kalau ada tim junior dari negara kuat ikut, tentu timnas junior kita akan memperoleh pengalaman yang seimbang,” sebutnya.

Hanya sayang ide atau rancangan dari Rahim ini belum menemui kata setuju dari Bisni atau PSSI sendiri. Maklum, untuk mengundang tim datang ke Indonesia saja hingga saat ini belum ada kejelasan yang memuaskan, apalagi membuat rancangan seperti yang diminta Rahim.

Padahal rancangan itu nanti menurut Rahim amat berguna untuk mengukur kemampuan timnas kita di Piala AFF pada semua level, baik senior atau junior.

Undian

Pada bulan Agustus, Indonesia pun bakal menghadapi tugas baru dari AFF. Pada 2 Agustus nanti, Jakarta akan dijadikan tuan rumah pengundian Piala AFF. Undian itu nanti akan dibuat dalam dua bagian.

Bagian pertama, undian untuk tim-tim yang harus bertanding di babak kualifikasi, yakni Kamboja, Brunei Darussalam, Laos, Filipina, dan Timor Leste. Kedua, undian untuk tim-tim yang langsung bertarung di babak putaran final, yakni Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Myanmar, dan dua tim yang lolos dari babak kualifikasi.

Rangkaian pertandingan babak kualifikasi digelar Oktober di Kamboja, sedangkan putaran final dilangsungkan 7 hingga 28 Desember di Jakarta dan Bangkok, Thailand.

Namun, sebelum itu terjadi, Indonesia sendiri akan menjadi tuan rumah Piala AFF U-16 yang akan digelar di Jakarta, 7-16 Juli nanti.

(Penulis: Ary Julianto)