Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mantan Pemain Schalke Ingin Jadi Presiden

By Weshley Hutagalung - Senin, 7 September 2015 | 09:09 WIB
Levan Kobiashvili, mencalonkan diri sebagai presiden federasi sepak bola Georgia. (Ralf Pollack/Getty Images)

Masih ingatkah Anda kepada Levan Kobiashvili? Setelah lama menghilang dari dunia sepak bola, mantan bek tim nasional Georgia ini siap kembali berkecimpung di cabang olah raga yang telah membesarkan namanya tersebut.

Kobiashvili resmi mencalonkan diri sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Georgia (GFF). Dia akan bersaing dengan Revaz Arveladze yang kini berstatus sebagai Sekjen GFF, dan Mumuka Kvaracxelia.

"Saya direkomendasikan oleh bekas klub saya, Dinamo Tblisi. Pencalonan saya sudah resmi sejak pertengahan pekan lalu," kata Kobiashvili seperti dilansir situs Bild.

Pemilihan Presiden GFF akan digelar pada 3 Oktober. Presiden GFF saat ini, Zviad Sichinava, tak akan mencalonkan diri lagi.

"Setelah enam tahun, ia tak bisa menjadi kandidat lagi. Kini, saatnya kami membuat awal yang baru. Di masa lalu, banyak terjadi kesalahan dalam mengelola sepak bola di Georgia. Saya punya banyak ide untuk negara saya, dan siap melakukan perubahan," ucap pria berusia 38 tahun ini.

Kobiashvili termasuk salah satu pesepak bola tersukses asal Georgia. Ia mengawali karier bersama Olimpi Rustavi dan Dinamo Tbilisi, sebelum hijrah ke Jerman.

Menempati posisi sebagai bek kiri, nama Kobiashvili meroket bersama Schalke dan Hertha Berlin. Ia mencatat total 418 penampilan di Bundesliga semasa membela Freiburg, Schalke, dan Hertha.