Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Barca Konfirmasi Alves dan Busquets Cedera

By Aloysius Gonsaga - Selasa, 25 Agustus 2015 | 01:32 WIB
Dani Alves (kanan) dan Sergio Busquets (kiri) (David Ramos/Getty Images)

Kemenangan 1-0 Barcelona atas tuan rumah Athletic Bilbao pada ekan pertama La Liga harus dibayar mahal. Pada pertandingan yang digelar di Estadio San Mames Barria, Minggu (23/8/2015), telah menelan dua korban cedera.

Dua pemain tersebut adalah bahwa Dani Alves dan Sergio Busquets. Keduanya langsung menjalani tes setelah pertandingan untuk melihat seberapa parah kerusakan yang terjadi untuk menentukan penanganan yang tepat.

Barcelona telah mengonfirmasi langsung perihal cederanya dua pemain tersebut melalui situs resmi klub, FCBarcelona.com. Tetapi Blaugrana tidak menyebutkan hingga kapan kedua pemain tersebut akan menepi.

Alves mengalami cedera pangkal paha pada awal pertandingan yang membuatnya langsung digantikan oleh Sergi Roberto pada menit ke-19. Sedangkan Busquets mengalami cedera engkel yang tidak terlalu parah, tetapi tetap ditarik keluar dan digantikan Marc Bartra pada menit ke-68.

Fokus kini mengarah kepada kondisi Alves. Bek sayap asal Brasil itu dikabarkan bisa absen selama berbulan-bulan akibat cedera yang ia derita ini.

"Dalam kasus Dani Alves, hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa ia memiliki cedera pangkal paha," tulis pernyataan Barcelona di laman resmi mereka.

"Tes juga dilakukan kepada Sergio Busquets dan menunjukkan bahwa sang gelandang telah menderita cedera pergelangan kaki ringan dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan," kata Barcelona.

Cedera ini juga membuat Alves harus ditarik keluar oleh pelatih Carlos Dunga dari skuat timnas Brasil. Pemain berusia 32 tahun itu akan kehilangan dua pertandingan bersama Selecao menghadapi Kosta Rika dan Amerika Serikat pada awal bulan September 2015.

Kabar ini juga merupakan sebuah kerugian bagi Barcelona. Setelah dipastikan kehilangan Gerard Pique selama empat pertandingan, absennya Alves dan Busquets ini bisa semakin membuat pertahanan Barcelona yang tengah mendapat sorotan tajam, bisa semakin rapuh jelang laga kontra Malaga (30/8/2015) dan Atletico Madrid (13/9/2015).