Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio Haryanto Siapkan Fokus Hadapi Tantangan di Spa

By Tulus Muliawan - Jumat, 21 Agustus 2015 | 16:30 WIB
Rio Haryanto, siap menghadapi tantangan yang menghadang di Belgia demi meraih posisi finis di podium. (FERNANDO RANDY/BOLA)

Pebalap Campos Racing, Rio Haryanto, datang ke Belgia dengan misi utama tampil sebagai pemenang. Pebalap Indonesia berusia 22 tahun itu berharap bisa melewati semua tantangan yang akan tersaji di Sirkuit Spa-Francorchamps.

Sirkuit Spa yang meliputi wilayah hutan dan pegunungan Ardennes menawarkan tantangan yang lengkap. Dari tikungan hairpin dan chicane berkecepatan rendah, hingga sejumlah trek lurus yang menyediakan ruang untuk duel berkecepatan tinggi.

"Tantangan terberat di Spa adalah karakteristik lokasi sirkuit yang memiliki perubahan cuaca yang drastis, sehingga pemilihan dan timing strategi akan menjadi krusial," kata Rio, saat dihubungi JUARA.net, Kamis (20/8/2015).

"Saya telah mengikuti balapan di spa sejak tahun 2010 saat saya berkompetisi di kejuaraan GP3. Hal yang saya pelajari dari sirkuit ini adalah pentingnya menjaga konsentrasi karena sirkuit ini adalah sirkuit terpanjang di kalender musim ini," lanjut Rio.

Melihat catatan bagus yang ia buat dalam enam seri sebelumnya, Rio optimistis bisa meraih hasil bagus di Belgia akhir pekan ini. Dukungan penuh dari masyarakat Indonesia, keluarga, dan tim menambah motivasi Rio untuk naik podium di Belgia.

"Pada 2012 sebenarnya saya berhasil merebut pole position pada musim debut saya di kompetisi GP2. Saya berharap tahun ini dapat mengulangi raihan tersebut dan tentunya kemenangan pertama saya di sirkuit ini," ucapnya.

"Ya, saya selalu berkomunikasi dengan tim yang berada di Spanyol, terutama Emilio. Melalui konferensi video saya dapat berdiskusi, melakukan review hasil balapan sebelumnya dan merencanakan strategi balapan di Belgia," katanya.

Hingga seri keenam di Hungaria, Rio sukses menempati posisi kedua di klasemen pebalap dengan 109 poin. Sepanjang musim ini, Rio konsisten meraih poin kecuali di GP Monako. Ia juga memetik tiga kemenangan di Bahrain, Austria, dan Inggris.

Ikuti perkembangan berita ini dalam liputan khusus:

GP2 Series Belgia