Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kluivert Punya Ambisi Latih Barca

By Firzie A. Idris - Minggu, 6 September 2015 | 19:06 WIB
Patrick Kluivert saat menjabat sebagai Asisten Pelatih Belanda jelang Piala Dunia 2014. (Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)

Salah satu legenda sepak bola Belanda, Patrick Kluivert, mengutarakan mimpinya untuk bisa melatih klub besar Spanyol, Barcelona suatu saat nanti.

Kluivert mengatakan bahwa ia berambisi jadi pelatih kubu Camp Nou suatu saat nanti. Walau begitu, ia tidak mau terburu-buru menggapai impiannya tersebut.

“Tentu saja, menjadi pelatih Barcelona adalah impian saya. Saya mengerti kemungkinan itu masih sangat jauh sekali, tapi siapa yang tahu masa depan dan apa yang terjadi kemudian,” jelas pelatih yang lahir dari sistem pembinaan sepak bola Ajax Amsterdam semasa menjadi pemain, seperti yang dilansir dari Voetbal Zone via Goal.

Kluivert bukan sosok asing bagi Barcelona. Ia pernah membela Barcelona cukup lama, antara 1998 dan2004. Bahkan, Kluivert sempat bermain lama bersama dengan pelatih El Barca saat ini, Luis Enrique.

Setelah pensiun sebagai pesepak bola, Kluivert pun menjalani karirnya di dunia kepelatihan. Kini, sosok berusia 39 tahun itu melatih tim nasional Curacao, sebuah negara kecil di Karibia.

Sebelumnya, Kluivert pernah menjadi asisten pelatih di AZ Alkmaar, Brisbane Roar dan juga tim nasional Belanda.