Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rossi Terjatuh untuk Kali Pertama Musim Ini

By Pipit Puspita Rini - Sabtu, 15 Agustus 2015 | 06:15 WIB
Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, memacu motornya pada sesi latihan bebas kedua GP Ceko di Sirkuit Brno, Jumat (14/8/2015). (MOTOGP.COM)

Akhir pekan lalu, Jorge Lorenzo terjatuh untuk kali pertama musim ini saat menjalani latihan bebas pada GP Indianapolis. Akhir pekan ini, giliran rekan satu timnya di Movistar Yamaha, Valetino Rossi, yang mengalami insiden.

Pebalap Italia tersebut terjatuh pada sesi latihan bebas kedua GP Ceko di Sirkuit Brno, Jumat (15/8/2015). Rossi terjatuh karena melewati lintasan yang licin akibat pelumas yang menetes dari motor Dani Pedrosa, yang lebih dulu terjatuh pada sesi ini.

"Sayangnya, Pedrosa mengalami masalah dengan motornya dan ada pelumas yang menetes, dan menyebabkan saya kecelakaan," kata Rossi yang terjatuh di tikungan 13.

Rossi mengaku sudah merasa seperti mencium bau asap dari motor Pedrosa di tikungan sebelumnya, tetapi dia tidak yakin karena biasanya hal seperti itu tidak terjadi.

"Mungkin tidak banyak yang menetes, tetapi cukup untuk membuat saya terpeleset. Namun, yang terpenting adalah bahwa saya baik-baik saja," lanjut pebalap 36 tahun tersebut.

Pedrosa kemudian mengaku bahwa pelumas tersebut berasal dari fork bagian depan motornya. Pebalap Repsol Honda tersebut tidak bisa melanjutkan sesi karena merasakan sakit pada kaki kirinya setelah terjatuh.

Sesi latihan kedua berjalan dalam cuaca sangat panas dan lintasasn yang licin. Rekan satu tim Pedrosa, Marc Marquez, bahkan terjatuh dua kali pada hari pertama. Namun, Marquez berhasil menjadi yang tercepat pada sesi kedua.

"Sesi kedua (Jumat siang) memang sulit untuk semua orang karena lintasan sangat licin dan beberapa cengkeraman lintasan sangat rendah. Pada saat bersamaan banyak sekali gelombang," terang Rossi.

Meski sempat terjatuh, Rossi masih bisa melanjutkan sesi dengan memakai mesin kedua. Dia berhasil mencatat waktu tercepat keempat.

Marquez menjadi yang tercepat pada sesi ini, tetapi Jorge Lorenzo yang menjadi tercepat pada hari pertama di Brno dengan 1 menit 56,499 deitk, hasil terbaik pada sesi latihan bebas pertama.