Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Meksiko Menuju Gelar Ketujuh Piala Emas

By Firzie A. Idris - Kamis, 23 Juli 2015 | 11:05 WIB
Meksiko lolos ke final Piala Emas 2015 setelah mengalahkan Panama, Rabu (22/7/2015). (AFP)

Meksiko kian dekat untuk menobatkan diri sebagai penguasa kawasan Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Kepulauan Karibia. 

Untuk kedelapan kalinya, Meksiko berhasil melangkah ke final Piala Emas 2015. Meksiko memastikan diri ke final setelah menang 2-1 atas Panama, Rabu malam atau Kamis (23/7/2015) pagi WIB. 

Dari 7 kali melangkah ke final ke sebelumnya, Meksiko hanya gagal sekali menjadi juara, yakni pada 2007. Sisanya, El Tri selalu keluar sebagai juara. 

Meksiko bisa meneruskan tradisi juara pada gelaran 2015 kali ini. Kendati demikian, langkah ke final mereka kali ini diiringi kontroversi. 

Kemenangan Meksiko itu dikatakan kontroversial karena gol penyama kedudukan yang memaksakan perpanjangan waktu tercipta pada pengujung laga dan melalui penalti. Selain itu, Panama juga sudah bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-25 lantaran Luis Tejada dikartu merah langsung. 

Kendati bermain dengan 10 pemain, Panama justru bisa unggul lebih dulu. Memanfaatkan sepak pojok Erick Davis, sundulan Roman Torres membawa Panama unggul 1-0 pada menit ke-57. 

Akan tetapi, Torres jualah yang menjadi “biang” kegagalan timnya pada pengujung laga. Dia dianggap wasit menyentuh bola di kotak terlarang sehingga Meksiko mendapatkan penalti

Dalam tayangan ulang, terlihat penalti itu seharusnya tak diberikan. Selama lebih dari 5 menit, protes dilakukan kubu Panama. Akan tetapi, wasit bergeming pada putusannya. 

Seperti halnya saat mencetak gol penentuan melawan Kosta Rika pada perempat final, Andres Guardado menjalankan tugasnya dengan baik sebagai eksekutor. Skor 1-1 dan laga dilanjutkan melalui perpanjangan waktu. 

El Tri akhirnya mencetak gol kemenangan pada menit ke-105 atau pengujung babak pertama masa perpanjangan waktu, lagi-lagi melalui penalti. Torres diganjar kartu kuning, dan Guardado kembali sukses mencetak gol melalui titik putih. Skor akhir 2-1 untuk kemenangan Meksiko atas Panama. 

Pada laga puncak, Minggu (26/7/2015), Meksiko akan ditantang Jamaika yang lolos ke final setelah menyisihkan tuan rumah Amerika Serikat. Sehari sebelumnya, Panama akan bertarung memperebutkan posisi ketiga melawan AS.