Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Real Madrid Kini Punya 'Mesin Ajaib'

By Firzie A. Idris - Kamis, 23 Juli 2015 | 03:32 WIB
Pelatih kebugaran Madrid, Paco de Miguel terlihat memasukan pen drive ke perangkat canggih anyar milih Madrid. (Marca)

Pelatih Real Madrid, Rafael Benitez, membawa perangkat canggih ke Australia sebagai penyimpan data pemainnya. Perangkat canggih tersebut dianggap sama pentingnya dengan bola dalam sesi latihan Madrid.

Semenjak jalani pramusim di Australia, pelatih kebugaran, Paco de Miguel, sering terlihat memasukan pen drive ke rompi pemain lalu kembali memasukan ke mesin agar datanya terlihat di perangkat mobile staff. Benitez kabarnya terlibat langsung dalam merancang teknologi canggih ini.

Perangkat ini mempunyai softaware untuk merancang sesi latihan dan langsung di input ke dalam database. Contohnya, pelatih kebugaran membuat program latihan baru dan mengirim ke pelatih kepala untuk disetujui, dan secara otomatis pula itu akan masuk ke dalam program pelatihan rutin. Hal ini mempermudah variasi latihan dan mencegah pemain bosan dengan metode yang lama.

Seperti yang dilansir Marca, semua isi dalam program pelatihan baru itu akan langsung dibagikan kepada semua staf dalam aplikasi mobile. Pemain juga akan mengenakan GPS yang mampu melacak setiap gerakan mereka dari mulai jarak lari, detak jantung plus kalori yang dikeluarkan pemain.

Canggihnya pula, aplikasi ini juga tersedia dengan berbagai bahasa seperti bahas Inggris, Portugal, Spanyol, Arab dan juga China. Alat ini juga bisa digunakan oleh pemain di pinggir lapangan atau pun di ruang ganti. Perangkat canggih ini dilengkapi dengan detail informasi mengenai kekuatan dan kelemahan setiap pemain.

Well, patut ditunggu apakah perangkat canggih itu memberikan kontribusi prestasi bagi Madrid. Tetapi, harus diakui pula bahwa perangkat tersebut merupakan terobosan baru dalam dunia sepak bola dimana teknologi menjadi alat bantu sebuah klub membentuk tim yang hebat.