Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Awal Musim Penuh Guncangan? Biasa buat Barca!

By Rabu, 12 Agustus 2015 | 19:32 WIB
Luis Enrique, santai menanggapi absensi Jordi Alba dan Neymar. (Getty Images)

Barcelona lagi-lagi tak bisa mengawali musim baru dengan kondisi sempurna. Gangguan datang dalam rupa penyakit gondong (parotitis) yang menjangkiti penyerang andalan mereka, Neymar.

Akibat penyakit itu, Neymar harus melewatkan partai Piala Super Eropa versus Sevilla (11/8) dan duel dua leg melawan Bilbao di Piala Super Spanyol (14/8 dan 17/8). Bukan hanya Neymar yang melewatkan tiga partai resmi perdana Barca di 2015/16 itu. Lantaran mengalami cedera tendon pada kaki kanannya, Jordi Alba juga mesti beristirahat.

Namun, fan Barca tak perlu terlalu cemas. Awal musim penuh guncangan sebenarnya bukan hal baru bagi klub berjulukan Blaugrana itu.

Tahun lalu, pelatih Barca, Luis Enrique, juga kehilangan sejumlah pemain di pekan pembuka La Liga 2014/15 versus Elche.
Kala itu, Neymar masih mengalami cedera punggung yang ia alami di Piala Dunia 2014. Penyerang Brasil itu bukan satu-satunya pilar Barca yang absen.

Adriano Correia, Marc Andre Ter Stegen, dan Thomas Vermaelen juga tak masuk tim lantaran cedera. Daftar pemain absen kian panjang seiring skorsing satu laga yang melilit Gerard Pique dan sanksi larangan bermain empat bulan yang dikeluarkan FIFA bagi Luis Suarez.

Berbagai guncangan itu tak membuat kapal Barcelona oleng. Mereka membabat Elche 3-0 via gol Lionel Messi (2 gol) dan Munir El Haddadi.

Bahkan, sejak 2009/10, Barca tak pernah mengawali musim dengan kondisi adem ayem. Sewaktu berlaga di Piala Super Spanyol 2009 kontra Athletic Bilbao, Barca tak bisa diperkuat Zlatan Ibrahimovic, Andres Iniesta, Gabriel Milito, dan Rafael Marquez.   

Namun, Blaugrana tetap bisa mengunci gelar Piala Super 2019 setelah menaklukkan Bilbao dengan agregat 5-1. Pergelaran Piala Dunia 2010 lantas membawa dampak buruk buat Barcelona.

Beberapa pemain Barca yang turut mengantar Spanyol sebagai juara dunia seperti Iniesta, Xavi Hernandez, Sergio Busquets, Pique, Victor Valdes, Carles Puyol, dan Pedro tak bisa mentas di leg I Piala Super Spanyol 2010 melawan Sevilla karena belum cukup fit.

Messi yang juga baru membela Argentina di Piala Dunia 2010 hanya tampil sebagai pemain pengganti. Rekan setim Messi di Argentina, Javier Mascherano, bahkan tak masuk tim.