Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jalan Rio Menuju Podium Terhadang Masalah Teknis

By Tulus Muliawan - Minggu, 23 Agustus 2015 | 07:30 WIB
Rio Haryanto, gagal finis di podium karena hukuman penalti yang didapat di feature race GP2 Belgia, Sabtu (22/8/2015). (Tulus Muliawan/Juara.net)

Perjuangan Rio Haryanto di feature race GP2 Series Belgia hampir berbuah podium, Sabtu (22/8/2015). Namun, jalan Rio menuju podium terhadang kendala teknis dan berujung hukuman penalti 10 detik.

Saat pitlane kembali dibuka untuk restart, Rio mengalami masalah pada kopling mobilnya yang menyebabkan mesin mati. Kru tim Campos Racing kemudian menyalakan kembali mesin dengan alat starter. Namun saat itu Rio sedang berada di jalur cepat pitlane.

Hal tersebut membuat steward menghukum Rio dengan penalti berhenti 10 detik di pit box. Hukuman itu diberikan pada beberapa putaran terakhir ketika ia berada di zona finis podium. Sayang, ketika kembali ke lintasan Rio tertinggal jauh di posisi ke-15.

"Pada awal lomba saya memakai strategi yang berbeda dari pebalap lain dan nampak akan membuahkan hasil. Saya masuk pit dalam periode safety car yang kemudian berujung pada kondisi red flag," tutur pebalap Campos Racing itu.

"Saat restart, saya mengalami masalah pada kopling dan mesin mobil mati. Penalti yang kemudian didapat saya rasa terlalu berat. Meski demikian, saya harus tetap fokus dan menjaga semangat untuk balapan esok hari," kata Rio.

Meski gagal meraih poin, Rio tetap berada di posisi tiga besar. Ia turun ke peringkat tiga dengan 109 poin. Posisi pertama menjadi milik Vandoorne (223 poin), posisi kedua diduduki Alexander Rossi (113 poin). Balapan kedua (sprint race) akan digelar pada Minggu (23/8/2015) mulai pukul 15:35 WIB.

Ikuti perkembangan berita ini dalam liputan khusus:

GP2 Series Belgia