Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rafinha Terdepan Gantikan Peran Pedro di Barcelona

By Indra Citra Sena - Minggu, 23 Agustus 2015 | 08:16 WIB
Rafinha Alcantara, lebih berpeluang menggantikan posisi Pedro Rodriguez. (Kirill Kudryavtsev/AFP)

Lini depan Barcelona selama ini begitu identik dengan trio MNS alias Lionel Messi, Neymar Jr., dan Luis Suarez. Andaikan salah satu dari mereka terpaksa absen, pemain yang berada di urutan terdepan untuk mengisi kekosongan itu adalah Pedro Rodriguez.

Mulai 20 Agustus 2015, situasi tersebut sudah tak berlaku lagi seiring keputusan Pedro meninggalkan Barcelona dan menerima pinangan klub raksasa Inggris, Chelsea. Otomatis, peran sebagai pelapis utama trio MNS lowong sehingga perlu segera ditempati.

Sebab, Barcelona dipastikan belum dapat menurunkan Neymar, yang masih dalam masa pemulihan penyakit parotitis alias gondong, di laga pembuka La Liga 2015/16 kontra Athletic Bilbao, Minggu (23/8).

Artinya, klub kebanggaan masyarakat Catalan itu membutuhkan satu pemain lagi buat menemani Messi dan Suarez di barisan depan.

Menilik dari skuat Barcelona, terdapat tiga pemain yang berpeluang menggantikan posisi Pedro. Serupa dengan sang pendahulu, ketiganya merupakan jebolan La Masia, yaitu Rafinha Alcantara, Munir El Haddadi, dan Sandro Ramirez.

Dua nama yang disebut pertama patut dikedepankan karena memperoleh banyak kesempatan bermain selama pramusim hingga ajang Piala Super Eropa dan Supercopa de Espana. Pelatih Luis Enrique sepertinya memang memproyeksikan keduanya sebagai pengganti Pedro.

Mengenai siapa yang bakal masuk susunan sebelas pertama Barcelona, Enrique kemungkinan besar memilih Rafinha. Acuannya adalah jumlah laga yang dilahap oleh pemain berkebangsaan Brasil itu selama pramusim plus Piala Super Eropa dan Supercopa de Espana.  

Khusus di Piala Super Eropa, Rafinha bermain sebagai starter dan ikut menyumbangkan satu dari lima gol Barcelona ke gawang Sevilla. Hal lain yang membuat ia layak menemani Messi dan Suarez adalah keahlian melepas operan akurat.

Rafinha bisa memanjakan Suarez dan Messi melalui sodoran bola-bola matang ke jantung pertahanan Bilbao.