Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Start Ke-11, Rio Tetap Yakin Raih Poin di Belgia

By Tulus Muliawan - Sabtu, 22 Agustus 2015 | 11:00 WIB
Rio Haryanto berharap bisa meraih poin meski mengawai balapan dari posisi ke-11 di feature race. (GP2 Series Media)

Rio Haryanto akan mengawali balapan pertama (feature race) GP2 Belgia dari posisi ke-11, Sabtu (22/8/2015). Pada hari pertama balapan, Jumat (21/8/2015), tim Campos Racing yang dibela Rio mengeksplorasi sejumlah setelan mobil di Sirkuit Spa-Francorchamps.

Babak kualifikasi berjalan dengan lancar di bawah cuaca yang cerah tanpa banyak hambatan. Rio bisa mencapai hasil kualifikasi lebih baik jika tidak harus membatalkan salah satu flying lap-nya karena terhambat oleh pebalap lain.

Mengenai perubahan setelan mobilnya, Rio merasa mobil bisa didorong lebih kencang lagi. Peluang untuk menyalip ke depan juga sangat terbuka mengingat tersedianya dua zona deteksi dan aktivasi Drag Reduction System (DRS) di Spa.

"Hari Jumat ini dipakai untuk mengeksplorasi berbagai setelan mobil. Sayangnya, di babak kualifikasi ada satu kesempatan melahap satu putaran dengan kencang yang harus hilang karena terhambat oleh mobil lain, padahal kondisi ban saat itu masih fresh," tutur Rio.

"Saya dan tim masih mencari setelan terbaik. Semoga besok (Sabtu) saya dapat meraih poin maksimal di balapan pertama," kata Rio. Pada sesi latihan yang digelar pada Jumat siang, Rio juga menempati posisi yang kurang bagus. Pebalap 22 tahun itu finis di tempat ke-17.

Hingga seri keenam di Hungaria, Rio sukses menempati posisi kedua di klasemen pebalap dengan 109 poin. Sepanjang musim ini, Rio konsisten meraih poin kecuali pada dua balapan di GP Monako. Ia juga memetik tiga kemenangan di Bahrain, Austria, dan Inggris.

Ikuti perkembangan berita ini dalam liputan khusus:

GP2 Series Belgia