Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Xherdan Shaqiri Bisa Starter Akhir Pekan Ini

By Suryo Wahono - Jumat, 21 Agustus 2015 | 07:06 WIB
Xherdan Shaqiri, pembelian termahal Stoke City, siap membuat debut akhir pekan ini. (Getty Images)

Mark Hughes memberi sinyal bahwa Xherdan Shaqiri bisa membuat debutnya ketika melawan Norwich akhir pekan ini. Manajer Stoke City itu juga menyinggung bahwa Bojan Krkic sudah bisa siap kembali pada pertengahan pekan ini.

Shaqiri adalah rekor transfer terbesar Stoke, yang didatangkan dari Inter Milan seharga 12 juta pounds. Gelandang asal Swiss itu belum bisa melakukan debutnya melawan Tottenham pekan lalu karena sisa skorsing yang masih dibawa dari Coppa Italia musim lalu.

Ketika ditanya apakah Shaqiri akan membuat debut melawan Norwich, Hughes mengatakan, "Saya pikir begitu. Ada keputusan yang harus diambil soal siapa yang starter dan siapa yang akan berada di bangku cadangan. Dia (Shaqiri) sudah terlihat sangat baik dalam latihan."

Hughes sendiri, seperti halnya fans Stoke, menginginkan pemain termahal mereka itu sudah turun sejak pekan lalu, tetapi sang manajer menekankan bahwa satu pekan ekstra membantu Shaqiri lebih terintegrasi ke dalam tim.

Stoke juga mendatangkan beberapa pemain lainnya seperti Glen Johnson, Ibrahim Affelay, Marco Van Ginkel, dan Joselu musim panas ini. Karena itu, Hughes mengakui bahwa dia harus membuat beberapa keputusan bila mereka semua sudah fit dan siap diturunkan.

"Ada banyak pemain berbakat dalam skuat sekarang. Sepanjang musim saya akan menilai siapa 11 orang terbaik untuk tiap pertandingan.  Para pemain harus bersabar, sementara yang lainnya akan kecewa, itu wajar. Saya hanya bisa memilih 18 orang untuk tiap pertandingan."

Sementara itu, Bojan absen sejak Janauari, tetapi akhir pekan lalu sudah bermain selama 90 menit untuk tim U-21. Krkick diperkirakan bisa kembali ke tim inti melawan Luton Town di Piala Liga pekan depan.