Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bert van Marwijk Jadi Pelatih Arab Saudi

By Aloysius Gonsaga - Rabu, 26 Agustus 2015 | 02:20 WIB
Kapten Hamburg SV, Rafael Van Der Vaart (kiri), dan pelatih Bert Van Marwijk, saat jumpa pers di Hotel Shangri-La, Jakarta, Minggu (5/1/2014). (JUARA.net / Okky Herman Dilaga)

Mantan pelatih tim nasional Belanda Bert Van Marwijk akan melatih timnas Arab Saudi selama satu tahun. Pria asal Negeri Kincir Angin tersebut ditunjuk menangani negara timur tengah itu pada Selasa (25/8/2015).

Van Marwijk akan tiba di Jeddah pada Minggu (30/8) dan kontraknya akan dimulai pada 1 September. Demikian pernyataan Asosiasi Sepak Bola Arab melalui akun Twitter.

Pria 63 tahun ini menggantikan Faisal al-Badin, yang mengambil alih kendali tim tersebut pada bulan Februari.

Van Marwijk pernah membawa Belanda ke final Piala Dunia 2010 untuk mengakhiri penantian meraih gelar turnamen tersebut, tetapi tim Oranye kembali takluk, kali ini oleh Spanyol dengan skor 1-0. Dia juga berhasil membawa klub yang dilatihnya ke kompetisi papan atas Belanda dan Bundesliga di Jerman.

Van Marwijk meninggalkan pekerjaan di tim nasional Belanda setelah timnya kehilangan semua tiga pertandingan pada Piala Eropa 2012. Dia juga dipecat oleh Hamburg SV pada 2014 setelah 143 hari bertugas.