Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Klub Belgia Beri Peluang Fans Menjadi Agen Pemain

By Suryo Wahono - Jumat, 21 Agustus 2015 | 00:09 WIB
Panagiotis Kynigopoulos, pemain asal Yunani berusia 18 tahun yang dijadikan proyek percontohan dana urunan. (Kickrs.net)

Klub papan atas Belgia, Sint-Truidense VV, menjalin kerja sama sebuah perusahaan start-up asal Swiss untuk membuat proyek transfer pemain secara urunan. Menggunakan situs kickrs.net, fans STVV bisa terlibat berinvestasi terhadap seorang striker muda.

Panagiotis Kynigopoulos, pemain asal Yunani berusia 18 tahun, kini telah dimiliki oleh STVV. Akan tetapi, klub membuat eksperimen transfer pemain dengan mengumpulkan dana investasi publik. Bila suatu saat bocah ajaib dari Yunani itu dijual dengan harga mahal, investor publik bisa ikut menikmati keuntungan.

STVV baru kembali ke liga elite Belgia musim panas ini setelah mendekam tiga musim di divisi kedua. Performa awal mereka sejauh ini bagus. Klub yang diketuai oleh Bart Lammens. itu menang 2-1 atas Club Brugge di pekan pembukaan musim 2015-16.

Sint-Truidense ingin mengambil pendekatan baru dalam hal transfer pemain melalui kerja sama dengan situs urunan (crowdfunding) kickrs.net untuk membuat proyek inovatif ini.

"Dengan cara ini fans kami bisa menjadi agen pemain," kata Direktur STVV Philippe Bormans dalam siaran pers.

Ide dasarnya, seorang fans diikutsertakan dalam menilai kelayakan investasi atas seorang pemain. Philippe menggambarkan sistem eksperimental ini sebagai campuran antara bursa saham, pertaruhan, dan dukungan [terhadap klub].

"Sekarang kami memulai kampanye dana urunan dan kita akan melihat berapa banyak uang yang bisa mengalir. "

Kickrs.net membuat proyek untuk memasrkan Kynigopoulos kepada publik, seorang striker U-19 Yunani yang bisa bermain juga sebagai gelandang sayap. Informasi tentang pemain yang dipasarkan disertai statistik dan beberapa atribut lainnya. Singkatnya, pemain ini dianggap siap berlaga di divisi top dan fans dapat berinvestasi hingga 1000 euro untuk menjadi salah satu pemilik.

STVV berusaha mengumpulkan dana 300 ribu euro untuk proyek pertama ini. Bila pemain tersebut dijual, baik STVV maupun para fans bisa menikmati laba atas investasi mereka. Untuk menambah daya tarik, klub juga menyediakan hadiah-hadiah tambahan bagi para calon investor.