Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Arda Turan Masih Simpan Kaus Tangan Pemain Barca

By Minggu, 12 Juli 2015 | 19:13 WIB
Arda Turan, sejak kecil menggemari Barcelona. (Getty Images)

Arda Turan resmi diperkenalkan sebagai pemain Barcelona di hadapan publik Camp Nou pada Jumat (10/7).

Arda mengaku bahwa Barcelona merupakan klub impiannya sejak kecil.

“Semua orang yang mengenal saya sedari bocah pasti tahu soal simpati dan rasa ketertarikan saya terhadap klub ini,” ujar pemain asal Turki itu seperti dilansir Mundo Deportivo.

Kali pertama Arda bersinggungan langsung dengan Barcelona adalah pada Maret 2002. Kala itu, Barca bertandang ke Ali Sami Yen, yang tak lain adalah markas Galatasaray.

Blaugrana menang 1-0 berkat gol Luis Enrique yang kini menjadi pelatih tim kebanggaan masyarakat Catalonia itu. Arda yang waktu itu baru menginjak usia 15 tahun bertugas sebagai anak gawang. Saat pertandingan usai, ia meminta kenang-kenangan kepada salah satu pemain Barca.

Arda mendapatkan sarung tangan dari bek Blaugrana, Philippe Christanval. Pemberian dari Christanval itu masih tersimpan rapi di Bayrampasa, Istanbul, kampung halaman Arda.

Arda merupakan pemain kesepuluh yang direkrut Barca dari Atletico. Gelandang energik berusia 28 tahun itu jelas berharap bisa mengikuti jejak Julio Alberto, Julio Salinas, Eusebio Sacristan, dan Juan Carlos Rodriguez.

Julio Alberto, Salinas, Eusebio, dan Juan Carlos adalah bagian dari skuat dream team Barca asuhan Johan Cruyff pada rentang 1988 sampai 1994. Tim itu memenangi empat gelar La Liga beruntun pada 1990 hingga 1994 dan meraih trofi Liga Champion 1992 via permainan memukau.

Philippe Christanval, eks pemain Barcelona.