Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pedrosa Menang Balapan Lawan Mobil IndyCar

By Pipit Puspita Rini - Jumat, 7 Agustus 2015 | 14:20 WIB
Pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa (kanan) finis di depan pebalap IndyCar, Marco Andretti, pada balapan ekshibisi di Indianapolis Motor Speedway, Kamis (6/8/2015). (MOTOGP.COM)

Satu tontonan menarik tersaji di Sirkuit Indianapolis Motor Speedway, Kamis (6/8/2015). Pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, memenangi balapan ekshibisi melawan pebalap IndyCar, Marco Andretti.

Tak hanya Pedrosa dan Andretti, acara yang digelar sebagai salah satu promosi GP Indianapolis tersebut juga melibatkan pebalap MotoGP asal Kentucky, Nicky Hayden, yang berperan sebagai marshal. Pedrosa keluar sebagai pemenang balapan.

"Tadi sangat menyenangkan. Saya sangat menikmatinya," kata Pedrosa, usai event. "Selalu spesial melakukan hal seperti ini. Dan sebenarnya, ketika di lintasan, suara mesinnya lebih keras dari punya saya. Sangat menyenangkan ketika kami bersamaan berada di lintasan lurus dan melaju dengan kecepatan penuh."

Setelah balapan tersebut, Pedrosa juga mengungkapkan ketertarikannya untuk mencoba mobil IndyCar, suatu saat nanti.

"Semoga suatu saat saya bisa mencoba mobil itu. Saya tahu mobil itu punya power yang besar. Dia (Andretti) juga ingin mencoba motor MotoGP. Jadi, mungkin suatu hari nanti kami bisa bertukar," ucap pebalap Spanyol tersebut.

Andretti pun tak bisa menutupi rasa senangnya bisa bersaing dengan pebalap MotoGP.

"Mobil memiliki cengkeraman lebih baik saat menikung karena aerodinamik. Namun, di lintasan lurus, kecepatan motor sangat luar biasa. Saya punya Honda Repsol, versi jalanan dari Repsol CBR. Namum, saya tidak ada apa-apanya dibandingkan mereka (para pebalap MotoGP)," kata Andretti.

Mobil IndyCar Andretti memiliki tenaga 700bhp, 2.2 liter mesin V6, dan berat 715 kg, sementara RC213V Pedrosa memiliki power 249bhp dari 1 liter mesin V4, dan berat 158 kg.

Pedrosa dan Hayden akan bersaing dengan pebalap lain pada seri ke-10 MotoGP 2015 di Indianapolis, 7-9 Agustus.