Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dunga: Alex Sandro Layak Main di Juventus

By Firzie A. Idris - Rabu, 19 Agustus 2015 | 17:56 WIB
Alex Sandro (Ojogo.pt)

Rencana pembelian Alex Sandro dari FC Porto menuju Juventus mendapat dukungan dari pelatih tim nasional Brasil, Carlos Dunga. Pelatih berusia 51 tahun itu menyebut Sandro layak untuk bermain di Bianconeri.

Sandro kini menjadi salah satu bek kiri incaran Juventus selain Guilherme Siqueira dari Atletico Madrid. Akan tetapi, harga Sandro yang masih terlalu mahal membuat Bianconeri menjadikannya sebagai opsi kedua.

Namun bagi Dunga, Sandro adalah pemain yang sangat berguna bagi Juventus dan akan segera mengambil alih posisi di tim utama milik Patrice Evra dan penguasa di posisi bek kiri tim dalam waktu yang lama.

"Akan terjadi kudeta di tim Bianconeri. Dia adalah bek sayap klasik Brasil yang menggabungkan teknik hebat dengan kecepatan. Dia mampu melakukan beberapa tembakan ke gawang yang mengingatkan sosok Roberto Carlos," kata Dunga kepada Tuttosport.

Berbicara mengenai Roberto Carlos, Dunga melihat ada kesamaan pada diri Alex Sandro dengan bek kiri legendaris Brasil itu. Akan tetapi ada beberapa kekurangan pada kemampuan bek berusia 24 tahun itu dibandingkan dengan pendahulunya.

"Saya mengenalnya dengan baik dan saya pernah memanggilnya (masuk timnas) di masa lalu, meskipun ia tidak tampil baik saat itu. Saya terus memantau semua pemain yang akan saya panggil dan Alex Sandro adalah salah satunya," imbuh Dunga.

"Dia tumbuh di Porto untuk melanjutkan pengembangan dirinya setelah bermain di Santos. Dia adalah bek sayap khas Brasil yang hebat saat maju kedepan untuk membantu serangan, tetapi tetap baik dalam menempatkan posisi saat bertahan," lanjutnya.

"Apakah dia pewaris Roberto Carlos? Mereka berdua terlihat sama, terutama pada level teknis dan kemudahan dalam menggiring bola. Alex Sandro memiliki kekurangan dalam hal fisik dan kekuatan,"ungkapnya.

"Alex Sandro adalah pemain yang layak bermain di Juventus, tetapi saya pikir dengan pengalaman di Serie A bersama klub papan atas akan membuat dia memiliki kemampuan yang semakin lengkap," ujarnya.