Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Perjuangan Rio dan Sean Diwarnai 'Red Flag'

By Tulus Muliawan - Sabtu, 22 Agustus 2015 | 21:10 WIB
GP2 Series Belgia dihentikan sementara pada lap kesembilan karena kecelakaan Daniel de Jong (MP Motorsport). (GP2 Series Media)

Balapan pertama GP2 Series Belgia (feature race) terpaksa dihentikan sementara karena kecelakaan yang dialami pebalap MP Motorsport, Daniel de Jong, Sabtu (22/8/2015).

Mobil De Jong menabrak dinding pembatas setelah bersenggolan dengan pebalap DAMS, Pierre Gasly, pada lap keenam. Akibat kecelakaan ini, Safety Car masuk ke dalam lintasan saat bendera kuning dikibarkan.

Momentum ini dimanfaatkan para pebalap untuk masuk ke pit stop guna mengganti ban mereka. Hal serupa juga dilakukan pebalap Campos Racing asal Indonesia, Rio Haryanto.

Setelah dua lap Safety Car memimpin balapan, bendera merah tanda balapan harus dihentikan dikibarkan. Dengan demikian, para pebalap wajib kembali ke pit stop sesuai posisi terakhir.

Hingga lap kesembilan di mana balapan dihentikan, Rio berada di posisi ke-13. Sementara itu, pebalap Indonesia lainnya, Sean Gelael dari tim Carlin, berada di posisi ke-16.

GP2 Series telah memberikan pernyataan resmi bahwa kondisi De Jong baik-baik saja. Namun, petugas masih berusaha mengevakuasi mobil pebalap asal Belanda itu.

Ikuti perkembangan berita ini dalam liputan khusus:

GP2 Series Belgia