Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Chen Long, Pertama Setelah Yang Yang pada 1989

By Pipit Puspita Rini - Minggu, 16 Agustus 2015 | 19:13 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Chen Long, merayakan kemenangan atas Lee Chong Wei (Malaysia) pada laga final Kejuraan Dunia 2015 di Istora, Jakarta, Minggu (16/8/2015). (ADEK BERRY/AFP PHOTO)

Chen Long mencatat rekor sebagai pemain tunggal putra Tiongkok pertama yang berhasil menjadi juara di Indonesia sejak terakhir Yang Yang melakukannya pada Kejuaraan Dunia 1989.

"Saya sudah ada di sini selama 9-10 hari. Saya sangat, sangat senang bisa  menang di Jakarta karena sudah lama sekali tunggal putra Tiongkok tidak menang di sini," kata Chen Long.

Chen Long menjadi Juara Dunia 2015 setelah menundukkan Lee Chong Wei (Malaysia) 21-14, 21-17 paga laga final yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Kemenangan di Jakarta ini merupakan gelar juara dunia kedua Chen Long, setelah yang didapat tahun lalu di Kopenhagen, Denmark.

"Tahun lalu saya menangis karena juara. Tahun ini lebih terharu karena saya meraihnya dengan sulit. Semua lawan yang saya hadapi kuat-kuat. Jadi, saya senang bisa juara di sini," kata pemain 26 tahun tersebut.

Dua gelar juara dunia beruntun ini membuktikan bahwa Chen Long sudah bisa mendobrak dominasi generasi di atasnya yang di antaranya ada Lee CHong Wei dan Lin Dan (Tiongkok).

"Posisi saya memang sulit. Saya harus menembus dominasi Lin Dan dan Lee Chong Wei. Sementara di belakang saya sudah ada (Kento) Momota, (Viktor) Axelsen, dan (Jan O) Jorgensen. Saya fokus saja pada diri sendiri," kata kekasih Wang Shixian tersebut.

Ikuti perkembangan berita ini dalam liputan khusus:

Kejuaraan Dunia 2015