Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

BOLA Gelar Liga U-13 dan U-15

By Ary Wibowo - Jumat, 21 Agustus 2015 | 17:14 WIB
Panitia Liga BOLA U-13 dan U-15 bersama para peserta kompetisi. (Ary Wibowo/ Kompas.com)

BOLA menggelar kompetisi sepak bola usia muda bertajuk Liga BOLA U-13 dan U-15 yang bakal bergulir di Jakarta pada 17 Oktober 2015. Kompetisi tersebut rencananya akan diikuti oleh 20 hingga 24 tim, yang terbagi dalam dua wilayah, Barat dan Timur.

Pemimpin Redaksi BOLA, Arief Kurniawan, menjelaskan, tujuan utama dilaksanakan Liga BOLA U-13 dan U-15 agar para pemain muda mendapatkan wadah serta kesempatan bertanding secara maksimal. Maklum, mengacu regulasi FIFA, setiap anak di bawah umur 18 tahun minimal harus melaksanakan 40 pertandingan per tahun.

"Selain itu, kompetisi ini juga sebagai persiapan serta setelah kompetisi Liga Kompas Gramedia U-14, di mana para pemain dengan kelahiran 2002 sangat minim kompetisi, sebelum mereka mengikuti Liga Pertamina U-16," jelas Arief saat menggelar manager meeting di Kantor BOLA, Jakarta, Jumat (21/8).

Arief menambahkan, dalam pelaksanaannya, pihak penyelenggara juga akan bekerja sama dengan Badan Tim Nasional PSSI. Ia berharap kerjasama itu dapat memberikan penilaian yang obyektif kepada BTN dalam melakukan proses pemilihan pemain untuk tim nasional usia muda.

Sementara itu, Komite Etik Liga BOLA U-13 dan U-15, Weshley Hutagalung, menambahkan, di tengah konflik sepak bola Indonesia, perhatian kepada para pemain muda harus diutamakan. Dengan banyaknya kompetisi, menurut dia, para pemain muda akan mendapatkan pengalaman berharga di dalam lapangan.

"Jadi, ini bukan melulu tentang meraih gelar juara, tetapi memberikan kesempatan bermain kepada anak-anak lebih banyak lagi. Sebagus apapun sepak bola kita, tetapi tanahnya tidak kita berikan, mereka mau bermain di mana? Oleh karena itu, kita berikan kompetisi-kompetisi seperti sekarang ini," tutur Weshley.

Wilayah

Liga BOLA U-13 dan U-15 akan dibagi dalam dua wilayah dan berlangsung dengan format setengah kompetisi, di mana penentuan peringkat berdasarskan klasemen akhir musim kompetisi. Peringkat pertama hingga keempat dari masing-masing grup akan lolos ke delapan besar.

Menurut regulasi panita pelaksana Liga BOLA U-13 dan U-15, setiap tim dapat mendaftarkan minimal 22 pemain dan maksimal 25 pemain. Pemain yang sudah didaftarkan tidak diperbolehkan dicoret atau digantikan dengan pemain lain pada saat tengah musim kompetisi berjalan.

"Selain itu, pemain yang tidak masuk line-up pada pertandingan pertama, wajib dimainkan pada pertandingan berikutnya. Ini untuk memberikan kesempatan bermain secara merata kepada para pemain," jelas penanggung jawab kompetisi, Mohamad Faisal.

Adapun pendaftaran Liga BOLA U-13 dan U-15 akan dibuka pada 22 Agustus hingga 5 September mendatang. Formulir pendaftaran serta buku pemain dapat diunduh di: Pendaftaran Liga BOLA U-13 dan U-15.